PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN PADA MAHASISWA

Azizil Fikri, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN PADA MAHASISWA. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan model pembelajaran guling depan dan guling belakang menggunakan pendekatan permainan pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model belajar guling depan dan guling belakang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall serta mengukur efektivitas model yang dikembangkan sebanyak 30 model yang layak digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet yang terdiri dari 74 partisipan untuk uji efektivitas. Berdasarkan validasi ahli, uji kelompok kecil, uji kelompok besar dan melewati tiga tahap revisi maka model yang dikembangkan layak untuk dilanjutkan ketahap uji efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan N-Gain Score untuk melihat efektivitas dari pengembangan Model belajar guling depan dan guling belakang menggunakan media permainan pada mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata uji NGain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelompok eksperimen adalah sebesar 61.85 termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelompok kontrol adalah sebesar 33,33 termasuk dalam kategori tidak efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa model belajar guling depan dan guling belakang menggunakan media permainan pada mahasiswa dinyatakan efektif. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penerapan model belajar guling depan dan guling belakang menggunakan media permainan pada mahasiswa. This study aims to develop a learning model for forward rolls and backward rolls using a game-based approach for university students. The research was conducted to gain in-depth information on the implementation of the learning model for forward and backward rolls. This study employs the Research & Development (R&D) method by Borg & Gall and evaluates the effectiveness of the developed model, with 30 feasible models being tested. The research subjects consisted of 74 athlete participants for effectiveness testing. Based on expert validation, small group testing, large group testing, and three stages of revision, the developed model was deemed suitable for effectiveness testing. The data analysis technique used in this study is the N-Gain Score to measure the effectiveness of the developed learning model for forward and backward rolls using game media for university students. The average N-Gain Score test results indicate that the experimental group achieved an average N-Gain Score of 61.85, categorized as "Moderately Effective." Meanwhile, the control group had an average N-Gain Score of 33.33, categorized as "Ineffective." Therefore, it can be concluded that the learning model for forward and backward rolls using game media for university students is effective. Furthermore, the study confirms a significant difference in effectiveness between the experimental and control groups in implementing the forward and backward roll learning model using game media. Keywords: Learning Model, Forward Roll, Backward Roll, Game-Based Media

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or 2). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Azizil Fikri .
Date Deposited: 21 Feb 2025 03:18
Last Modified: 21 Feb 2025 03:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53215

Actions (login required)

View Item View Item