PERANGKAT PEMBELAJARAN BERUPA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DILENGKAPI DENGAN KIT ARTEC ROBOTIC PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH

ANGEL BHETRYS AGUSTINA, . (2025) PERANGKAT PEMBELAJARAN BERUPA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DILENGKAPI DENGAN KIT ARTEC ROBOTIC PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dilengkapi dengan Kit Artec Robotic pada materi listrik arus searah. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model ADD, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep listrik arus searah melalui pendekatan hands-on yang interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi dengan rata-rata nilai validasi sebesar 92,6%, yang termasuk kategori "Sangat Valid." Uji coba kepada peserta didik menghasilkan rata-rata nilai sebesar 90%, yang diinterpretasikan sebagai "Sangat Baik." LKPD ini dinilai membantu peserta didik memahami materi sekaligus mendorong keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dinyatakan valid digunakan sebagai alat bantu pembelajaran fisika yang inovatif dan relevan dengan Kurikulum Merdeka. ******* This study aims to develop learning devices in the form of Learner Worksheets (LKPD) equipped with Artec Robotic Kits on direct current electricity material. The development of this learning tool uses the ADD model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research was conducted to improve students' understanding of direct current electricity through an interactive hands-on approach. The results showed that the developed LKPD has high validity with an average validation score of 92.6%, which is included in the category “Very Valid.” The trial of students resulted in an average score of 90%, which was interpreted as “Very Good.” This LKPD is considered effective in helping students understand the material while encouraging critical thinking skills and collaboration. Thus, this learning tool is declared valid as an innovative physics learning tool and relevant to the Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Agus Setya Budi, M.Sc. 2) Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Angel Bhetrys Agustina .
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:09
Last Modified: 21 Feb 2025 08:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53253

Actions (login required)

View Item View Item