SAHLA NABILA, . (2025) ANALISIS AKSES LAYANAN INTERNET WIFI "UNJ HOTSPOT (DOSKAR)" BERDASARKAN QUALITY OF SERVICE (QOS) DAN QUALITY OF EXPERIENCE (QOE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Universitas Negeri Jakarta menyediakan layanan internet bagi seluruh masyarakat kampus untuk dimanfaatkan dalam kegiatan perkuliahan serta pekerjaannya. Salah satu layanan internet yang diberikan oleh Universitas Negeri Jakarta adalah WiFi “UNJ Hotspot (Doskar)”. Namun, pengukuran jaringan internet WiFi “UNJ Hotspot (Doskar)” di Gedung Tower 1-A lantai 2 belum pernah dilakukan sebelumnya. Untuk mendukung kegiatan tersebut perlu dilakukannya pengukuran. Metode yang digunakan dalam pengukuran ini adalah Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE). Pengumpulan data untuk QoS dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aplikasi yang digunakan di antaranya Youtube, Zoom Meeting, dan Siakad pada lantai 2 Gedung Tower 1-A. Lalu dilakukan pengamatan berdasarkan parameter yang ada, diantaranya throughput, delay, packet loss, dan jitter. Kemudian untuk pengambilan data QoE, dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner kepada dosen dan karyawan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sebanyak 19 responden dengan pertanyaan sebanyak 18 butir menyangkut pengalaman pengguna dalam menggunakan Youtube, Zoom Meeting, dan Siakad. Pertanyaan dibentuk berdasarkan dimensi yang termasuk dalam parameter video conference, video streaming, dan web browsing yang bersumber dari 3GPP. Hasil pengukuran QoS menunjukkan nilai akhir 4 berdasarkan standar pengukuran TIPHON dan dikategorikan sangat baik. Hasil pengukuran QoE Hasil pengukuran QoE menunjukkan nilai akhir rata-rata MOS sebesar 4,19821 dan termasuk dalam kategori excellent atau sangat baik. Jika dibandingkan, hasil akhir dari pengukuran QoS dan QoE selaras karena keduanya memiliki nilai akhir dengan kategori sangat baik.***** State University of Jakarta provides internet services for the entire campus community to be used for academic and work activities. One of the internet services offered by State University of Jakarta is the WiFi “UNJ Hotspot (Doskar)”. However, the network measurement of WiFi “UNJ Hotspot (Doskar)” in the secodn floor of Tower 1-A Building has never beem conducted before. To support these activities, measurements need to be conducted. The methods used for these measurements are Quality of Service (QoS) and Quality of Experience (QoE). Collecting data for QoS is done by observing applications such as Youtube, Zoom Meeting, and Siakad on the second floor of Tower 1-A Building. Observations are made based on existing parameters, including throughput, delay, packet loss, and jitter. For QoE data, a questionnaire survey is distributed to 19 respondents, including lectures and staff of the Faculty of Engineering at State University of Jakarta, with 18 questions regarding their experience with Youtube, Zoom Meeting, and Siakad. The questions are designed based on dimensions included in the parameters of video conference, video streaming, and web browsing, sourced from 3gpp. The QoS measurement result show a final score of 4, based on the TIPHON measurement standards, which is categorized as excellent. The QoE measurement results show an average final MOS score of 4.19821, which is also categorized as excellent. When compared, the final results of both QoS and QoE measurements are aligned, as both show a final score within the excellent category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). M. Ficky Duskarnaen, M.Sc. ; 2). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Sahla Nabila . |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 01:31 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |