DIANA ROSSA MARTATIYANA, . (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
file cover_compressed.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB 1_compressed.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB 2_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 ._compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
9. Lampiran_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada pemanfaatan teknologi maju untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Di tingkat sekolah dasar, inovasi pembelajaran berbasis digital menjadi salah satu cara untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD pada materi IPA khususnya mengubah bentuk energi. Metode pengembangan yang digunakan metode R&D denagn model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, terdapat empat tahap: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dari ahli menunjukkan tingkat validitas E-LKPD sebesar 86,9%, yang termasuk dalam kategori "sangat valid" dan layak untuk digunakan. Respon siswa dan guru terhadap produk menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan tingkat efektivitas melalui skor n-gain sebesar 0,5 pada observasi dan 0,4 pada penilaian antar teman, yang keduanya berada pada kategori "sedang". ************************************************************* ***** 21st century learning emphasizes the use of advanced technology to create a learning environment that is interactive and relevant to the needs of students. At the elementary school level, digital-based learning innovation is one way to create dynamic and interesting learning experiences. This research aims to develop STEM-PjBL based E-LKPD to improve the collaboration skills of fourth grade elementary school students on science material, especially changing forms of energy. The development method used is the R&D method with the 4D model developed by Thiagarajan, there are four stages: Define, Design, Development, and Disseminate. The data collection process was carried out through quantitative and qualitative analysis techniques. Validation results from experts show that the validity level of E-LKPD is 86.9%, which is included in the "very valid" category and suitable for use. Student and teacher responses to the product showed very good results, with a level of effectiveness through an n-gain score of 0.5 in observation and 0.4 in peer assessment, both of which are in the "medium" category.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si ; 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 26752 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 04:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 04:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |