PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @bank_indonesia_jakarta TERHADAP SIKAP CYBER HYGIENE FOLLOWERS INSTAGRAM @bank_indonesia_jakarta

RAHMADANIYAH ALIYYAWALY, . (2025) PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @bank_indonesia_jakarta TERHADAP SIKAP CYBER HYGIENE FOLLOWERS INSTAGRAM @bank_indonesia_jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ancaman siber masih banyak terjadi di Indonesia. Situasi ini menuntut adanya kesadaran dan tindakan preventif berupa edukasi sikap cyber hygiene dari sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta yang merupakan sosial media dikelola oleh Bank Indonesia Jakarta. Setelah konten ditayangankan, secara angka tidak dapat dikorelasikan pengaruhnya terhadap sikap cyber hygiene pada followers Instagram @bank_indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta terhadap sikap cyber hygiene pada followers Instagram @bank_indonesia yang surveinya dilakukan dengan pada konten video “Edukasi Cyber Hygiene “ 21 Agustus 2024. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori reasoned action yang digunakan untuk menjabarkan pengaruh pada perilaku individu yang melibatkan pengambilan keputusan secara sadar. Variabel independen penelitian ini adalah sosial media yang memiliki empat dimensi self-presentation yang mewakili interkasi sosial pengguna media sosial untuk mengontrol kesan, self-disclosure yang mewakili pengungkapan detail pribadi pengguna secara sadar atau tidak sadar, social presence yang mewakili kedekatan dan keintiman lewat media, dan media richness yang mewakili jumlah informasi yang diberikan serta kemampuan mereproduksi informasi. Sedangkan untuk variabel dependen pada penelitian ini adalah sikap yang memiliki tiga dimensi cognitive component yang mewakili pengetahuan dan persepsi mengenai objek sikap, affective component yang mewakili perasaan dan emosi pada objek sikap, dan conative component yang mewakili perilaku dan tindakan pada objek sikap. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah positivisme dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian eksplanatif yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta terhadap sikap followers. Populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram @bank_indonesia_jakarta yang menonton konten “Edukasi Cyber Hygiene “ pada 3 Oktober 2024 sebanyak 1679 viewers dengan sampel 100 followers sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta yang menonton konten “Edukasi Cyber Hygiene “ 21 Agustus 2024. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis univariate dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh dari sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta khususnya pada dimensi Self-disclosure berpengaruh terhadap sikap cyber hygiene pada followers khususnya pada dimensi cognitive component. Dari segi media sosial, Self-disclosure merupakan dimensi yang memberikan pengaruh terbesar sedangkan self-presentation berupa interaksi pengguna dalam mengontrol kesan yang pada penelitian ini adalah interaksi dari akun @bank_indonesia_jakarta pada kolom komentar adalah dimensi yang memberikan pengaruh terendah terhadap sikap. Dari variabel sikap, cognitive component merupakan dimensi yang paling terpengaruh media sosial sedangkan affective component yang memuat emosi dari followers pada sikap cyber hygiene merupakan dimensi yang paling tidak terpengaruh konten sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta khususnya pada pengungkapan detail pribadi secara sadar telah terbukti berpengaruh cukup kuat terhadap sikap cyber hygiene followers khusunya pada tindakan pada objek sikap. Saran peneliti untuk pihak sosial media Instagram @bank_indonesia_jakarta adalah untuk memperkuat sisi sosial medianya khususnya dalam interaksi sosial pengguna. ***** Cyber threats are still common in Indonesia. This situation demands awareness and preventive action in the form of education on cyber hygiene attitudes from social media Instagram @bank_indonesia_jakarta which is social media managed by Bank Indonesia Jakarta. After the cyber hygiene educational content was broadcast, there was an increase in the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta but numerically it could not be correlated with the influence of the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta on cyber hygiene attitudes among Instagram followers @bank_indonesia. Therefore, this research was conducted to find out how the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta influences cyber hygiene attitudes among Instagram followers @bank_indonesia, the survey of which was conducted using the video content "Cyber Hygiene Education" 21 August 2024. The theory used in this research is reasoned action theory which is used to explain the influence on individual behavior that involves conscious decision making. The independent variables of this research are social media which has four dimensions of self-presentation which represents the social interactions of social media users to control impressions, self-disclosure which represents the user's conscious or unconscious disclosure of personal details, social presence which represents closeness and intimacy through media, and media richness which represents the amount of information provided and the ability to reproduce the information. Meanwhile, the dependent variable in this research is attitude which has three dimensions, a cognitive component which represents knowledge and perception about the attitude object, an affective component which represents feelings and emotions towards the attitude object, and a conative component which represents behavior and actions towards the attitude object. The paradigm used in this research is positivism with a quantitative research approach. The method used is a survey method with an explanatory research type used to explain how the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta influences followers' attitudes. The population of this research is followers of the Instagram account @bank_indonesia_jakarta who watched the content "Cyber Hygiene Education" on October 3 2024, totaling 1679 viewers with a sample of 100 followers of Instagram social media @bank_indonesia_jakarta who watched the content "Cyber Hygiene Education" on August 21 2024. For data analysis for this research using univariate and bivariate analysis. The results of this research show that there is an influence from the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta, especially in the Self-disclosure dimension, which influences the cyber hygiene attitude of followers, especially in the cognitive component dimension. In terms of social media, self-disclosure is the dimension that has the greatest influence, while self-presentation in the form of user interaction in controlling impressions, is the dimension that has the lowest influence on attitudes. Of the attitude variables, the cognitive component is the dimension most affected by social media, while the affective component which contains emotions from followers regarding cyber hygiene attitudes is the dimension least affected by the social media content of Instagram @bank_indonesia_jakarta. From this research it can be concluded that the social media Instagram @bank_indonesia_jakarta, especially the conscious disclosure of personal details, has been proven to have quite a strong influence on followers' cyber hygiene attitudes, especially on actions towards attitude objects. The researcher's suggestion for the Instagram social media @bank_indonesia_jakarta is to strengthen the social media side, especially in user social interaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Marisa Puspita Sary, M.Si. ; 2). Dr. Kinkin Yuliaty SP, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 26612 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:29
Last Modified: 27 Feb 2025 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53536

Actions (login required)

View Item View Item