MENGANALISA RANGKA PADA SEPEDA MOTOR MODEL VARIO MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS WORKBENCH

DANI WIBOWO, . (2025) MENGANALISA RANGKA PADA SEPEDA MOTOR MODEL VARIO MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS WORKBENCH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rangka sepeda motor memiliki peran penting dalam keselamatan, kestabilan, dan kenyamanan dalam berkendara. Rangka memiliki fungsi sebagai struktur utama yang menahan beban komponen lain dan mempengaruhi kinerja pada sepeda motor secara keseluruhan. Perancangan pada rangka sepeda motor juga harus memperhatikan faktor kekuatan, keamanan, dan kenyamanan serta dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Proses perancangan rangka melibatkan serangkaian pengujian untuk memastikan kekuatan dan keamanan, serta perbandingan hasil pengujian berbagai variasi rangka untuk menentukan desain yang optimal. Penelitian ini menggunakan software Ansys Workbench untuk membandingkan deformasi, regangan, tegangan von mises, dan safety factor antara desain rangka sepeda motor Honda Vario dengan rangka desain 1, rangka desain 2, dan rangka desain 3. Metode yang digunakan untuk simulasi yaitu explicit dynamic dengan kecepatan sebesar 60 km/jam dan 10 km/jam. Hasil simulasi uji tabrak pada rangka model vario menunjukkan bahwa pada kecepatan 60 km/jam, rangka mengalami perubahan bentuk dengan nilai deformasi tertinggi sebesar 78 mm pada rangka vario, nilai regangan paling tinggi sebesar 3,9 x10-3 mm pada rangka desain 3, nilai tegangan paling tinggi sebesar 643,26 Mpa pada rangka desain 3, nilai safety factor paling tinggi 0,99 pada rangka desain 1. Hasil simulasi uji tabrak pada rangka model vario menunjukkan bahwa pada kecepatan 10 km/jam, rangka mengalami perubahan bentuk dengan nilai deformasi tertinggi sebesar 13,88 mm pada rangka vario, nilai regangan paling tinggi sebesar 2 x10-3 pada rangka desain 1, nilai tegangan paling tinggi sebesar 247,22 Mpa pada rangka desain 3, nilai safety factor paling tinggi 1,67 pada rangka desain 1. ***** Motorcycle frames play an important role in safety, stability and comfort when riding. The frame functions as the main structure that supports the load of other components and influences the overall performance of the motorbike. The design of a motorbike frame must also pay attention to strength, safety and comfort factors and can be modified according to needs. The frame design process involves a series of tests to ensure strength and safety, as well as comparing the test results of various frame variations to determine the optimal design. This research uses Ansys Workbench software to compare deformation, strain, von Mises stress, and safety factors between Honda Vario motorbike frame designs with design frame 1, design frame 2, and design frame 3. The method used for simulation is explicit dynamic with speeds of 60 km/hour and 10 km/hour. The results of the crash test simulation on the Vario model frame show that at a speed of 60 km/hour, the frame experiences a change in shape with the highest deformation value of 78 mm on the Vario frame, the highest strain value of 3.9 km/hour, the frame changes shape with the highest deformation value of 13.88 mm on the vario frame, the highest strain value of 2 x10-3 on design frame 1, the highest stress value of 247.22 Mpa on design frame 3, the highest safety factor value of 1.67 on design frame 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Arif Syaefudin, M.T. ; 2). Dr. Eng. Agung Premono, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 26711 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:58
Last Modified: 26 Feb 2025 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53548

Actions (login required)

View Item View Item