ADITYA RIFQI AL FATHAN, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI PEMODELAN 3D GAMBAR FURNITUR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMKN 1 CIBINONG JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa modul elektronik dengan materi gambar furnitur pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak di Program Studi Teknik Konstruksi dan Perumahan SMKN 1 Cibinong Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model yang digunakan adalah model 4D yang dimana model tersebut terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan yang dimana data menunjukkan pembelajaran hanya dilakukan dengan menggunakan PPT yang dimana kegiatan pembelajaran umumnya dilakukan dengan praktikum. Selanjutnya dilakukan pengembangan bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi canva, kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna e-modul, serta dilakukan ujicoba secara terbatas oleh siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pada proses validasi. Data hasil validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa e-modul masuk ke dalam kategori sangat layak dari aspek materi dengan validasi ahli materi sebesar 98,12%, dan juga masuk ke dalam kategori sangat layak dari aspek media dengan validasi ahli media sebesar 93,59%. Berdasarkan hasil ujicoba secara terbatas, terdapat gain score (peningkatan kognitif) yang tergolong sedang diangka 0,67. Pada respon pengguna e-modul, didapatkan hasil sebesar 85,83% yang masuk ke dalam kategori sangat layak. Dengan hasil tersebut maka e-modul ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. ***** This study aims to develop an electronic module (e-module) as an instructional material focused on furniture drawing for the software-aided drawing subject within the Construction and Housing Engineering Study Program at SMKN 1 Cibinong, West Java. The research was conducted using a research and development (R&D) approach, following the 4D model which consists of four stages: Define, Design, Development, and Disseminate. The study began with a needs analysis, which indicated that learning was primarily conducted through PowerPoint presentations, while practical sessions were the standard mode of learning. Subsequently, an e-module was developed using the Canva application, followed by validation from subject matter experts, media experts, and e-module users. Limited trials were also conducted with students. Data analysis employed descriptive analysis with a quantitative approach, and a questionnaire was used as the research instrument to gather validation data. The validation data demonstrated that the e-module was categorized as highly feasible in terms of content, with a material expert validation score of 98.12%, and also categorized as highly feasible in terms of media, with a media expert validation score of 93.59%. Based on the results of limited trials, a gain score (cognitive improvement) of 0.67 was obtained, indicating a moderate increase. User responses to the e-module showed a result of 85.83%, which also falls within the highly feasible category. Based on these results, the e-module is deemed suitable for use as instructional material and has been proven effective in enhancing students’ cognitive abilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anisah, M.T ; 2). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 26869 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:15 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |