PERAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI PERILAKU AGRESIF ANAK AKIBAT GADGET (STUDI KASUS: 3 KELUARGA DI KELURAHAN PEJAGALAN JAKARTA UTARA)

TAMARA FITRI CAHYANI, . (2025) PERAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI PERILAKU AGRESIF ANAK AKIBAT GADGET (STUDI KASUS: 3 KELUARGA DI KELURAHAN PEJAGALAN JAKARTA UTARA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (831kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, pertama untuk mendeskripsikan latar belakang terbentuknya perilaku agresif anak akibat gadget. Lalu kedua, untuk mendeskripsikan peran dan fungsi keluarga dalam menghadapi perilaku agresif anak akibat gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Secara teknis pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini 6 orang tua yang memiliki anak berusia dibawah 12 tahun. Kemudian, 1 informan pendukung yaitu staff kelurahan pejagalan, dan 1 psikologi anak sebagai data triangulasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa perilaku agresif yang dilakukan oleh anak diakibatkan karena pola asuh orang tua yang terlalu lalai terhadap penggunaan gadget pada anak. Dalam menghadapi hal tersebut, diperlukan pola asuh yang sesuai, komunikasi yang terbuka antara orang tua dan anak, serta pembatasan waktu penggunaan gadget dapat mengurangi perilaku agresif pada anak secara signifikan. Selain itu, keluarga berperan sebagai pengendali utama dalam mengenalkan nilai-nilai sosial, empati, dan kemampuan mengelola emosi yang dapat membantu anak terhindar dari dampak negatif penggunaan gadget. Oleh karena itu, keluarga memegang peranan penting dalam membentuk perilaku anak yang sehat dan terhindar dari potensi perilaku agresif yang muncul akibat pengaruh gadget. Dari segi peran dan fungsi keluarga, penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa fungsi keluarga yang dikemukakan sangat relevan dalam menghadapi tantangan penggunaan gadget pada anak. ***** This research has two main objectives, first to describe the background of the formation of children's aggressive behavior due to gadgets. Then second, to describe the role and function of the family in dealing with children's aggressive behavior due to gadgets. This research uses a qualitative approach. Technically, the data collection used observation techniques, in-depth interviews, and documentation studies. The subjects of this research are 6 parents who have children under 12 years old. Then, 1 supporting informant, namely pejagalan village staff, and 1 child psychology as triangulation data. The findings of this study indicate that aggressive behavior committed by children is caused by parenting patterns that are too negligent towards the use of gadgets in children. In dealing with this, appropriate parenting, open communication between parents and children, and limiting the time of gadget use can significantly reduce aggressive behavior in children. In addition, the family acts as the main controller in introducing social values, empathy, and the ability to manage emotions that can help children avoid the negative impact of gadget use. Therefore, families play an important role in shaping children's healthy behavior and avoiding the potential for aggressive behavior that arises due to the influence of gadgets. In terms of family roles and functions, this study also confirms that the proposed family functions are very relevant in facing the challenges of gadget use in children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A. ; 2). Mayang Puti Seruni, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26283 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:58
Last Modified: 26 Feb 2025 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53596

Actions (login required)

View Item View Item