ANALISIS PENINGKATAN PENGETAHUAN BENCANA BANJIR MELALUI PENGGUNAAN DIORAMA BANJIR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 03, Citeureup, Jawa Barat

SYARIFAH NUR ANNISA, . (2025) ANALISIS PENINGKATAN PENGETAHUAN BENCANA BANJIR MELALUI PENGGUNAAN DIORAMA BANJIR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 03, Citeureup, Jawa Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syarifah Nur Annisa. 1402621032. Analisis Peningkatan Pengetahuan Bencana Banjir Melalui Penggunaan Diorama Banjir Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Studi Eksperimen Di Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 03, Citeureup, Jawa Barat. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan diorama banjir dapat meningkatkan pengetahuan bencana banjir pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 03, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dalam bentuk perencanaan one group pre-test & post-test design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 03 yang terdiri dari 40 peserta didik. Waktu pelaksanaan penelitian pada 6-8 November 2024. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal pilihan ganda yang berupa tes pilihan ganda pre-test dan post-test untuk menganalisis pengetahuan bencana banjir sebelum dan sesudah menggunakan diorama banjir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diorama banjir dapat meningkatkan pengetahuan bencana banjir pada peserta didik di sekolah dasar. Analisis statistik menggunakan Uji Paired Samples T-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0,05, yang menunjukan bahwa penggunaan diorama banjir dapat meningkatkan pengetahuan bencana banjir pada peserta didik. Klasifikasi N-Gain menunjukkan mean sebesar 0.7776, termasuk dalam kategori tinggi. Hasil ini mendukung hipotesis alternatif bahwa penggunaan diorama banjir dapat memberikan adanya peningkatan pengetahuan bencana banjir dengan kategori tinggi. Kata kunci : diorama bencana banjir, bencana banjir, pengetahuan bencana banjir, peserta didik sekolah dasar ***** Syarifah Nur Annisa. 1402621032. Analysis Of Increasing Flood Disaster Knowledge Through The Use Of Flood Dioramas In Elementary School Students. Experimental Study At Leuwinutug 03 State Elementary School, Citeureup, West Java. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty Of Social Sciences And Law, Jakarta State University, 2025. This study aims to determine whether the use of flood dioramas can improve flood disaster knowledge in fifth grade students at Leuwinutug 03 Elementary School, Citeureup District, Bogor Regency. The research method used is a quantitative method with a descriptive approach using a quasi-experimental research design in the form of one group pre-test & post-test design planning. The research sample was fifth grade students of Leuwinutug 03 Elementary School consisting of 40 students. The research implementation time was November 6-8, 2024. The research instrument consisted of 20 multiple-choice questions in the form of multiple-choice pre-test and post-test tests to analyze flood disaster knowledge before and after using flood dioramas. The results of the study showed that the use of flood dioramas can improve flood disaster knowledge in elementary school students. Statistical analysis using the Paired Samples T-Test showed a significance of 0.000 <0.05, which indicates that the use of flood dioramas can improve flood disaster knowledge in students. The N-Gain classification shows a mean of 0.7776, which is included in the high category. This result supports the alternative hypothesis that the use of flood dioramas can provide an increase in flood disaster knowledge with a high category. Keywords: flood disaster diorama, flood disaster, flood disaster knowledge, elementary school students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd., 2) Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 26723 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 06:59
Last Modified: 26 Feb 2025 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53643

Actions (login required)

View Item View Item