FAKTOR-FAKTOR TERPAAN MEDIA ONLINE MENGENAI PEMBERITAAN ASAM FOLAT SEBAGAI PENCEGAH STUNTING PERIODE DESEMBER 2023 - JANUARI 2024 DI KOMPAS.COM YANG MEMPENGARUHI SIKAP PATUH IBU HAMIL DALAM MEMENUHI ASUPAN ASAM FOLAT

DIVA RHEVA DEIANEIRA, . (2024) FAKTOR-FAKTOR TERPAAN MEDIA ONLINE MENGENAI PEMBERITAAN ASAM FOLAT SEBAGAI PENCEGAH STUNTING PERIODE DESEMBER 2023 - JANUARI 2024 DI KOMPAS.COM YANG MEMPENGARUHI SIKAP PATUH IBU HAMIL DALAM MEMENUHI ASUPAN ASAM FOLAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (926kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media online sebagai salah satu sumber informasi bagi ibu hamil untuk mencari informasi kesehatan, studi yang menunjukkan bahwa terdapat khalayak yang masih belum bisa membedakan informasi palsu. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor terpaan media online mengenai pemberitaan asam folat sebagai pencegah stunting periode Desember 2023 – Januari 2024 di Kompas.com yang paling mempengaruhi sikap patuh ibu hamil dalam memenuhi asupan asam folat. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa dan media baru sebagai landasan teorinya. Media menjadi sarana bagi individu untuk berkumpul dalam suatu bentuk komunitas dan interaksi tatap muka tak lagi menjadi pertimbangan dasar untuk melakukan komunikasi sebab saat ini individu melakukan interaksi dengan media. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu terpaan media dan sikap. Variabel terpaan media memiliki dimensi, meliputi automatic, attentional, transported, dan self-reflexive sedangkan variabel sikap memiliki tiga dimensi, yaitu afektif, kognitif, dan behavioral. Paradigma positivisme merupakan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 99 ibu hamil yang diperoleh dari teknik purposive sampling dengan syarat responden, yaitu ibu hamil di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang membaca pemberitaan mengenai asam folat periode Desember 2023 – Januari 2024 di Kompas.com. Pemilihan wilayah penelitian berdasarkan data dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur yang menyatakan bahwa Kecamatan Duren Sawit memiliki jumlah balita stunting tertinggi. Data penelitian yang digunakan adalah distribusi frekuensi untuk univariate dan factor analysis untuk bivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil memproses pesan edukasi dari berita asam folat sebagai pencegah stunting periode Desember 2023 – Januari 2024 di Kompas.com dengan memenuhi anjuran konsumsi asupan asam folat yang tertulis dalam berita. Ibu hamil juga membentuk perilaku baru berupa kebiasaan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi serta menambahkan makanan tersebut ke menu sehari-hari. Faktor terpaan media online mengenai pemberitaan asam folat sebagai pencegah stunting periode Desember 2023 – Januari 2024 di Kompas.com yang paling mempengaruhi sikap patuh ibu hamil dalam memenuhi asupan asam folat adalah faktor transported. Responden memfokuskan perhatiannya pada pesan media pada saat membaca pemberitaan. Sikap responden yang berpengaruh signifikan terdapat pada aspek behavioral, yang membentuk kebiasaan responden dalam memenuhi asupan asam folat selama masa kehamilan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Terpaan media yang dialami oleh ibu hamil yang membaca pemberitaan asam folat sebagai pencegah stunting periode Desember 2023 – Januari 2024 di Kompas.com membuat mereka membaca berita tersebut dengan kondisi penuh perhatian sehingga membuat mereka terputus dengan keadaan sekitarnya. Kondisi tersebut mempengaruhi sikap patuh mereka untuk memenuhi asupan asam folat pada tingkat behavioral. Setelah membaca berita tersebut, responden membentuk kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk memenuhi asupan asam folat harian selama masa kehamilan. Kata Kunci: Komunikasi massa, Media Online, Sikap, Terpaan Media ***** Online media as one of the sources of information for pregnant women to seek health information, research shows that there are audiences who still cannot distinguish false information. Therefore, this study aims to determine the factors of online media exposure regarding folic acid news as a stunting prevention for the period December 2023 - January 2024 on Kompas.com that most influence the compliant attitude of pregnant women in meeting folic acid intake. This study uses the concept of mass communication and new media as its theoretical basis. Media becomes a means for individuals to gather in a form of community and face-to-face interaction is no longer a basic consideration for communicating because currently individuals interact with the media. This study has two variables, namely media exposure and attitude. The media exposure variable has dimensions, including automatic, attention, transport, and self-reflection while the attitude variable has three dimensions, namely affective, cognitive, and behavioral. The positivist paradigm is the paradigm used in this study. The approach used in this study is a quantitative approach with a survey method. The population of this study was pregnant women in Duren Sawit District, East Jakarta with a sample of 99 pregnant women obtained from the purposive sampling technique with the condition that the respondents were pregnant women in Duren Sawit District, East Jakarta who read news about folic acid for the period December 2023 - January 2024 on Kompas.com. The selection of the research area was based on data from the East Jakarta’s Health Office which stated that Duren Sawit District had the highest number of stunted toddlers. The research data used were frequency distribution for univariate and factor analysis for bivariate. The results of the study showed that pregnant women processed educational messages from news about folic acid as a stunting prevention for the period December 2023 - January 2024 on Kompas.com by fulfilling the recommended consumption of folic acid intake written in the news. Pregnant women also formed new behaviors in the form of habits to consume foods with high folic acid content and add these foods to their daily menu. The online media exposure factor regarding news about folic acid as a stunting prevention for the period December 2023 - January 2024 on Kompas.com that most influenced the compliant attitude of pregnant women in fulfilling folic acid intake was the transported factor. Respondents focused their attention on media messages when reading the news. The respondents' attitudes that had a significant influence were in the behavioral aspect, which formed respondents' habits in fulfilling folic acid intake during pregnancy. Based on these findings, it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted. Media exposure experienced by pregnant women who read news about folic acid as a stunting prevention for the period December 2023 - January 2024 on Kompas.com made them read the news with full attention, making them disconnected from their surroundings. This condition affects their obedient attitude to meet their folic acid intake at the behavioral level. After reading the news, respondents formed a habit of consuming foods containing folic acid to meet their daily folic acid intake during pregnancy. Keywords: Attitude, Mass communication, Media Exposure, Online Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kinkin Yuliaty S.P., M.Si. ; 2). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 26447 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:11
Last Modified: 27 Feb 2025 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53665

Actions (login required)

View Item View Item