Eni Susilawati, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIFKOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI NUMERASI SISWA JENJANG SMP. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
02 BAB 1.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIFKOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI NUMERASI SISWA JENJANG SMP Eni Susilawati Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ABSTRAK Pada jenjang SMP, masih terdapat banyak siswa yang belum mampu berpikir kritis dalam mengerjakan soal numerasi. Masih ditemukan adanya siswa yang tidak komunikatif dan kurang mampu bekerjasama dengan siswa lain di kelas. Guna menyelesaikan kondisi tersebut perlu dikembangkan model pembelajaran Adaptif- Kooperatif untuk meningkatkan kompetensi numerasi siswa jenjang SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Adaptif- Kooperatif, serta menguji kelayakan dan efektivitas model yang dikembangkan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan gabungan dari model pengembangan Dick and Carey dan Hanafin and Peck. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 4,09 kategori layak pada aspek kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh skor 4,68 kategori sangat layak pada aspek kualitas media dan konten pembelajaran adaptif yang dikembangkan. Hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh skor 4,09 kategori layak pada aspek sintak dan dampak pengiring model pembelajaran. Hasil kelayakan gabungan diperoleh skor 4,28 kategori sangat layak. Hasil analisis efektivitas model menggunakan uji t, menunjukkan secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ACL. Uji efektivitas dengan n-gain score menunjukkan, terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan skor N-gain 0,77 pada kategori efektif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa: buku model ACL, bahan ajar (konten adaptif), buku panduan untuk guru dan siswa, dan websiteACL. Pembelajaran numerasi dengan menerapkan model ACL, membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan dapat meningkatkan kemandirian belajar, kemampuan komunikasi siswa serta hasil belajar numerasi siswa. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Adaptif- Kooperatif untuk topik numerasi yang lain, atau subyek materi yang lain, serta penerapan di sekolah yang memiliki keterbatasan dukungan sarana prasarana TIK dan internet. Kata Kunci : adaptif-kooperatif, kompetensi numerasi, siswa SMP DEVELOPMENT OF ADAPTIVE-COOPERATIVE LEARNING MODELS TO IMPROVE NUMERACY COMPETENCE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Eni Susilawati Doctoral Education Technology Study Program Postgraduate School in Universitas Negeri Jakarta ABSTRACT At the junior high school level, there are still students who are not able to think critically in working on numeracy problems. There are still students who are not communicative and are less able to work together with other students in the class. In order to resolve these conditions, it is necessary to develop an adaptivecooperative learning model to improve the numeracy competence of junior high school students. This study aims to produce an Adaptive-Cooperative learning model, as well as to test the feasibility and effectiveness of the developed model. The research approach used is research and development (R&D) using a combination of the Dick&Carey and Hanafin&Peck development models. Data collection was carried out through observation, questionnaires, interviews, and tests. The results of the material expert validation obtained a score of 4.09 in the feasible category in terms of the suitability of the material to the learning objectives. The results of the media expert validation obtained a score of 4.68 in the very feasible category in terms of the quality of the media and the adaptive learning content developed. While the results of the learning design expert validation obtained a score of 4.09 in the feasible category in terms of the syntax and accompanying impact aspects of the learning model. The combined feasibility results obtained a score of 4.28 in the very feasible category. The effectiveness test of the model used the t-test and n-gain. The results of the t-test showed that there was a statistically significant difference in the average value of students before and after using the ACL model. The effectiveness test with n-gain score showed that there was an increase in the average value of student learning outcomes with an Ngain score of 0.77 in the effective category. Numeracy learning by implementing the ACL model makes learning more meaningful, enjoyable, and can improve students' communication skills and numeracy learning outcomes. Recommendations for further research are to explore the application of the Adaptive-Cooperative learning model for other numeracy topics or other subject matter. Keywords: Learning model, adaptive-cooperative, numeracy competence, junior high school students
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. 2). Dr. Khaerudin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 26849 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 08:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 08:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |