PENGARUH PENGAJARAN PEER TEACHING METHOD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK MENGGAMBAR OBJEK 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOCAD DI SMKN 68 JAKARTA

MUHAMMAD GRANDLY RAHMADANDY, . (2025) PENGARUH PENGAJARAN PEER TEACHING METHOD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK MENGGAMBAR OBJEK 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOCAD DI SMKN 68 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pengajaran peer teaching terhadap peningkatan hasil belajar praktik menggambar objek 3D menggunakan software Autocad di SMKN 68 Jakarta. Salah satu kelebihan dari metode pembelajaran peer teaching adalah membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif, dan diharapkan dengan kelas yang lebih aktif akan membuat siswa memiliki hasil belajar yang lebih baik. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa dari Kelas XI SMKN 68 Jakarta. Data dikumpulkan lewat pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah diterapkannya perlakuan dan dianalisis dengan uji hipotesis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dan hasil perhitungan uji N-gain score menunjukan bahwa nilai-rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (metode peer teaching) adalah sebesar 60,26 atau 60,2% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol (metode pembelajaran konvensional) adalah sebesar 21.36 atau 21,3% termasuk ke dalam kategori tidak efektif. Kesimpulannya siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran peer teaching pada pembelajaran Autocad siswa mampu mendapat rata-rata nilai hasil belajar yang lebih besar dibanding dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional dan metode peer teaching dalam penelitian ini termasuk dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Autocad, Hasil Belajar, Peer Teaching ********  This study aims to discover the effect of peer teaching on improving the learning outcomes of 3D object drawing using AutoCAD software at SMKN 68 Jakarta. One advantage of the peer teaching method is that it makes classroom learning more active, and it is expected that a more active class will result in better learning outcomes for students. The sample of this study consists of 60 students from Class XI at SMKN 68 Jakarta. Data was collected through pretests and posttests conducted before and after the treatment and analyzed using an independent sample t-test hypothesis test. The results of the study indicate that there is a difference in the average learning outcomes between the experimental and control classes, and the results of the N-gain score calculation above show that the average N-gain score for the experimental class (peer teaching method) is 60.26 or 60.2%, which is categorized as fairly effective. Meanwhile, the average N-gain score for the control class (conventional learning method) is 21.36 or 21.3%, which is categorized as ineffective. In conclusion, students whose learning used peer teaching method in Auctocad lessons were able to achieve a higher average learning outcome compared to students whose learning used the conventional method and the peer teaching method in this research is considered to be quite effective for improving students learning outcomes. Keywords: AutoCAD, Learning Outcomes, Peer Teaching

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Bambang AK, M.Pd. ; 2). Drs. Sopiyan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Muhammad Grandly Rahmadandy .
Date Deposited: 28 Feb 2025 06:41
Last Modified: 28 Feb 2025 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53689

Actions (login required)

View Item View Item