INDAH SULISTIANI, . (2025) FAKTOR-FAKTOR TERPAAN MEDIA IKLAN INDOSAT OOREDOO YANG MEMPENGARUHI SIKAP REMAJA TERKAIT RUANG PRIBADI ATAU PERSONAL SPACE (STUDI PADA IKLAN INDOSAT BERJUDUL NYATAKAN SILATURAHMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Iklan Indosat Ooredoo berjudul “Nyatakan Silaturahmi” diunggah di Instagram @indosat pada 7 Maret 2024 yang dalam iklan tersebut menyampaikan pesan salah satunya perlunya privasi ruang pribadi (personal space) pada seorang anak. Ruang pribadi atau personal space merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewati oleh orang lain. Di Indonesia, kesadaran terhadap ruang pribadi anak masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor terpaan media iklan Indosat Ooredoo “Nyatakan Silaturahmi” apa saja yang mempengaruhi sikap remaja terkait ruang pribadi (personal space). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru atau new media yang menekankan bahwa terdapat perkembangan media ke arah digital. Teori media baru yang terkenal ialah teori media baru menurut Pierre Levvy memiliki dua pandangan yakni interaksi sosial dan integrasi sosial. Variabel X yaitu terpaan media terdiri dari dimensi exposure, attention, dan exposure state. Sedangkan variabel Y yaitu sikap memiliki tiga dimensi yakni cognitive, affective, dan behavioral. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian explanation yang dilakukan melalui metode survey menggunakan google form. Dari populasi 95, diperoleh sampel 77 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis faktor dilakukan dengan enam langkah yaitu analisis a priori determination, determination based on eigenvalue, scree plot, kemudian melihat nilai percentage of variance pada setiap faktor lalu melakukan uji split-half reliability dan significant test untuk mengindentifikasikan faktor yang mempengaruhi sikap remaja terkait ruang pribadi (personal space) pada iklan Indosat Ooredoo berjudul “Nyatakan Silaturahmi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor terpaan media iklan Indosat Ooredoo berjudul “Nyatakan Silaturahmi” yang mempengaruhi sikap remaja terkait ruang pribadi (personal space) yang mana dimensi exposure state menjadi dimensi yang paling mempengaruhi sikap remaja. Dimensi exposure state mengacu pada keadaan dimana seseorang terpapar pesan media hingga fokus dan menganalisis pesan yang didapatkan dari media tersebut, yang artinya bahwa iklan Indosat Ooredoo “Nyatakan Silaturahmi” sampai kepada penontonnya sehingga responden mencari tahu lebih lanjut mengenai ruang pribadi (personal space). Kesimpulan dari penelitian ini yakni penelitian ini menyatakan bahwa faktor exposure state menjadi faktor terpaan media iklan Indosat Ooredoo berjudul “Nyatakan Sillaturahmi” yang paling mempengaruhi sikap remaja terkait ruang pribadi (personal space). Disamping itu, masih adanya faktor-faktor lainnya yang belum diketahui dalam penelitian ini. Maka dari itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan untuk penelitian selanjutnya yang membahas lebih banyak lagi faktor-faktor terpaan media lainnya yang mempengaruhi sikap remaja. ****** Indosat Ooredoo's advertisement titled "Declare Friendship" was uploaded on Instagram @indosat on March 7, 2024, which in the advertisement conveyed a message, one of which is the need for privacy of personal space for a child. Personal space is something that must be considered and should not be passed by others. In Indonesia, awareness of children's personal space is still low. Based on these problems, this study was conducted to find out what factors affect adolescents' attitudes regarding personal space. The theory used in this study is the new media theory which emphasizes that there is a development of media in the digital direction. The famous new media theory is the new media theory, according to Pierre Levvy, which has two views, namely social interaction and social integration. Variable X, namely media exposure, consists of exposure, attention, and exposure state dimensions. While the Y variable, namely attitude, has three dimensions, namely cognitive, affective, and behavioral. This study uses a positivism paradigm with a quantitative approach and a type of explanation research conducted through a survey method using google form. From a population of 95, a sample of 77 respondents was obtained using the purposive sampling technique. Factor analysis is carried out in six steps, namely a priori determination analysis, determination based on eigenvalue, scree plot, then looking at the percentage of variance value on each factor and then conducting a split-half reliability test and significant test to identify factors that affect adolescents' attitudes related to personal space in Indosat Ooredoo's advertisement entitled "Declare Friendship". The results of the study show that there is a factor of exposure to Indosat Ooredoo's advertising media entitled "Declare Friendship" which affects adolescents' attitudes related to personal space, where the exposure state dimension is the dimension that most affects adolescents' attitudes. The exposure state dimension refers to the situation where a person is exposed to media messages to focus and analyze the messages obtained from the media, which means that Indosat Ooredoo's advertisement "Declare Friendship" reaches the audience so that respondents find out more about personal space. The conclusion of this study is that this study states that the exposure state factor is the factor of exposure to Indosat Ooredoo's advertising media entitled "Declare Sillaturahmi" which most affects adolescents' attitudes regarding personal space. In addition, there are still other factors that are not yet known in this study. Therefore, this study is expected to be one of the references for future research that discusses more other media exposure factors that affect adolescent attitudes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si. ; 2). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26839 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |