RACHMADILLA REVANA PUTRI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXERCISES ESCAPE EMOTION UNTUK MELATIH REGULASI EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Cover_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I - pendahuluan.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB II - kajian pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB III - metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB IV - hasil dan pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V - Kesimpulan.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus didefinisikan sebagai anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain pada umumnya. Regulasi emosi yang buruk dapat berdampak negatif pada perkembangan mereka, baik secara sosial, emosional, maupun akademis. Anak berkebutuhan khusus sering menemukan tantangan dalam regulasi emosi, karena memiliki gangguan perkembangan yang dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk mengelola emosi secara efektif. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan media dalam membantu anak berkebutuhan khusus melatih regulasi emosi. Pada penelitan ini, peneliti menggunakan menggunakan metode research and development atau metode penelitian dan pengembangan. Dalam metode ini, peneliti melakukan observasi dan wawancara dalam menentukan permasalahannya. Setelah itu peneliti melakukan perancangan produk yang sesuai dengan permasalahan yang ditemukan dan selanjutnya memberikan rancangan produk tesebut kepada ahli media dan materi untuk divalidasi. Hasil validasi ahli media mencapai 87%, yang menunjukkan bahwa media ini dirancang dengan layak dan sesuai untuk digunakan berdasarkan aspek visual media yang yang kreatif, inovatif dan interaktif untuk pengguna dengan tampilan ilustrasi yang menarik dan rangkaian yang beragam serta bahasa yang komunikatif. Selain itu, validasi dari ahli materi yang mencapai 82% menunjukkan bahwa konten yang disajikan relevan dan bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus. Uji coba kecil dengan hasil 96% menunjukkan bahwa media ini sangat layak dalam penerapannya di lapangan, serta mendapatkan respons positif dari pengguna. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat dianggap sebagai alat yang layak untuk membantu anak berkebutuhan khusus dalam melatih regulasi emosi mereka melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. **** Children with special needs are defined as children who experience limitations or exceptionalities, whether physical, mental-intellectual, social, or emotional, which significantly affect their growth or development compared to typically developing children. Poor emotional regulation can negatively impact their development, both socially, emotionally, and academically. Children with special needs often face challenges in emotional regulation due to developmental disorders that may affect their ability to manage emotions effectively. The aim of this research is to develop media to help children with special needs practice emotional regulation. In this study, the researcher employed the research and development method. In this method, the researcher conducted observations and interviews to identify the problems. After that, the researcher designed a product that addressed the identified issues and subsequently presented the product design to media and content experts for validation. The validation results from the media expert reached 87%, indicating that the media was designed appropriately and suitable for use based on its visual aspects being creative, innovative, and interactive for users, featuring appealing illustrations and diverse sequences, as well as communicative language. Additionally, validation from content experts reached 82%, showing that the content presented is relevant and beneficial for children with special needs. A small-scale trial yielded a result of 96%, indicating that this media is highly suitable for application in the field and received positive feedback from users. Therefore, this learning media can be considered a viable tool to assist children with special needs in practicing their emotional regulation through an enjoyable and interactive approach.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hurriyyatun kabbaro, S.Si., M.Si. ; 2). Mulyati, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 26893 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:20 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53741 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXERCISES ESCAPE EMOTION UNTUK MELATIH REGULASI EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXERCISES ESCAPE EMOTION UNTUK MELATIH REGULASI EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). (deposited 27 Feb 2025 01:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |