PENGARUH DIGITAL MARKETING NETFLIX INDONESIA TERHADAP BRAND AWARENESS SEBAGAI LAYANAN STREAMING BERBAYAR PADA INSTAGRAM @NETFLIXID (Studi pada Unggahan Instagram @netflixid Tanggal 19 Januari 2024).

MEIDIANA SALSABILA, . (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING NETFLIX INDONESIA TERHADAP BRAND AWARENESS SEBAGAI LAYANAN STREAMING BERBAYAR PADA INSTAGRAM @NETFLIXID (Studi pada Unggahan Instagram @netflixid Tanggal 19 Januari 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Digital marketing menjadi salah satu jalan bagi pemasar untuk dapat terlibat dengan calon pelanggan atau pelanggan, salah satunya menanamkan kesadaran merek (brand awareness). Adanya brand awareness bagi suatu brand sangatlah penting untuk menghadapi tingginya persaingan bisnis, dimana brand awareness ini akan membuat pelanggan mampu mengingat dan memilih brand terhadap suatu kelas produk tertentu. Netflix Indonesia menjadi salah satu brand yang memanfaatkan media digital dalam menerapkan digital marketing, yaitu melalui media sosial Instagram @netflixid. Pada penelitian ini,peneliti tertarik untuk meneliti salah satu konten Instagram @netflixid yang menarik perhatian yaitu, unggahan pada tanggal 19 Januari 2024. Menariknya, unggahan tersebut menjadi unggahan yang sangat berbeda dibandingkan unggahan lainnya yang mana biasanya Netflix Indonesia lebih sering memberikan konten dengan preview film yang terkesan eksklusif. Maka, tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui pengaruh digital marketing Netflix Indonesia terhadap brand awareness sebagai layanan streaming berbayar pada Instagram @netflixid melalui unggahan tanggal 19 Januari 2024.Konsep dalam penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran.Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori media baru (new media) yang dikemukakan oleh McQuail dan Deuze. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni, variabel digital marketing dan brand awareness. Variabel digital marketing memiliki tiga dimensi yang terdiri dari customer engagement, permission marketing, dan content marketing. Sementara, variabel brand awareness memiliki empat dimensi yang terdiri dari unaware of brand,brand recognition,brand recall¸dan top of mind. Paradigma yang digunakan dalam penelitian adalah positivisme. Pendekatan yang diterapkan ialah pendekatan kuantitatif dengan melakukan metode survei melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk Google Form. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif eksplanatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini ialah pengguna Instagram yang berkomentar pada unggahan Instagram @netflixid tanggal 19 Januari 2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebesar 65 responden. Sementara,analisis data yang dilakukan dalam penelitian yaitu, analisis univariate dan bivariate dengan regresi linear sederhana. Hasil olah data penelitian yang diperoleh menunjukkan pada variabel digital marketing memperoleh dimensi dengan nilai rata – rata tertinggi pada dimensi content marketing, dan dimensi digital marketing dengan nilai rata – rata terendah diperoleh pada dimensi permission marketing. Sementara pada variabel brand awareness, dimensi yang memperoleh nilai rata – rata tertinggi yakni, unaware of brand yang mana sesuai dengan latar belakang dari penelitian ini, dan dimensi yang memperoleh nilai rata –rata terendah adalah dimensi brand recognition. Kesimpulan dari hasil keseluruhan penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh digital marketing Netflix Indonesia terhadap brand awareness sebagai layanan streaming berbayar pada Instagram @netflixid melalui unggahan tanggal 19 Januari 2024. Hipotesis yang dapat disimpulkan berdasarkan uji regresi linear dan uji t, bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh antara variabel digital marketing terhadap brand awareness. Digital marketing Netflix Indonesia memiliki pengaruh positif terhadap brand awareness sebagai layanan streaming berbayar, meskipun besar pengaruh yang dihasilkan termasuk dalam kategori rendah.***** Digital marketing is one way for marketers to engage with potential customers or customers, one of which is instilling brand awareness (brand awareness).Brand awareness for a brand is essential to face high business competition, where brand awareness will make customers able to remember and choose a brand against a particular product class. Netflix Indonesia is one of the brands that utilize digital media in implementing digital marketing, namely through Instagram @netflixid social media. In this study, researchers were interested in researching one of @netflixid's Instagram content that attracted attention, namely, uploaded on January 19, 2024. Interestingly, the Upload is a very different upload than other uploads where usually Netflix Indonesia more often provides content with movie previews that seem exclusive. So, the purpose of this study is to determine the influence of Netflix Indonesia's digital marketing on brand awareness as a paid streaming service on Instagram @netflixid through an upload on January 19, 2024. The concept in this study uses the concept of marketing communications. The theory used in this study is the theory of New media (new media) proposed by McQuail and Deuze. This study consists of two variables, namely, digital marketing and brand awareness variables. Digital marketing variables have three dimensions consisting of customer engagement, permission marketing, and content marketing. Meanwhile, the brand awareness variable has four dimensions consisting of unawareness of the brand, brand recognition, brand recall, and top of mind. The paradigm used in research is positivism. The approach applied is a quantitative approach by conducting a survey method through the dissemination of questionnaires in the form of Google Forms. The type of research used is quantitative explanatory. Instagram users who commented on @netflixid's Instagram post on January 19, 2024. The sampling technique used is purposive sampling with a total sample of 65 respondents. Meanwhile, the data analysis conducted in the study is univariate and bivariate analysis with simple linear regression. The results of the research data obtained showed that the digital marketing variable obtained the dimension with the highest average value on the content marketing dimension, and the digital marketing dimension with the lowest average value obtained on the permission marketing dimension. In brand awareness variables, the dimension that obtained the highest average value is, unaware of the brand which is by the background of this study, and the dimension that obtained the lowest average value is the dimension of brand recognition. The conclusion of the overall results of this study shows that there is an influence of Netflix Indonesia's digital marketing on brand awareness as a paid streaming service on Instagram @netflixid through uploads dated January 19, 2024. The hypothesis that can be concluded based on the linear regression test and T-test is that Ha is accepted and H0 is rejected, which means that there is an influence between digital marketing variables on brand awareness. Digital marketing Netflix Indonesia has a positive influence on brand awareness as a paid streaming service, although the resulting influence is included in the low category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc. ; 2). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 26919 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 08:03
Last Modified: 27 Feb 2025 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53748

Actions (login required)

View Item View Item