DINDA APRILIA, . (2025) IMPLEMENTASI LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KOTA TANGERANG (Penelitian Survei di Sekolah Dasar Wilayah Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover_Dinda Aprilia_compressed.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
BAB I_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB II_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Dinda Aprilia(1102620011).pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Dinda Aprilia(1102620011) (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Data pokok pendidikan tahun 2022, menyebutkan bahwa ada 40.928 sekolah yang telah melaksanakan pendidikan inklusif. Hal ini membuktikan komitmen pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang terbuka dan ramah untuk semua. Pertanyaannya adalah apakah sekolah-sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusif telah melaksanakan pendidikan inklusif secara memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sekolah penyelenggara pendidikan inklusif sudah mengimplementasikan layanan pendidikan inklusif secara baik. Partisipan dalam penelitian ini adalah 53 Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang yang telah ditetapkan sebagai penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pengumpulan data melalui kuesiner, yang menyediakan jawab ‘ya’ dan ‘tidak’ untuk setiap butirnya. Jawaban ‘ya’ menunjukkan kondisi implementasi pendidikan iklusif yang baik dan sebaliknya. Kuesioner memuat 40 butir pertanyaan yang terbagi ke dalam 6 aspek implementasi pendidikan inklusif yaitu: (1) Kesiswaan (2) Tenaga Pendidik (3) Kurikulum (4) Sarana dan prasarana (5) Keuangan dan (6) Lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 35.85% (19 sekolah) berada dalam kategori sangat baik, 62.26% (33 sekolah) berada dalam kategori baik, 1.89% (1 sekolah) berada dalam kategori cukup dan tidak ada sekolah yang berada dalam kategori kurang dan sangat kurang dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Dilihat dari aspek pelaksanaan pendidikan inklusif, hasil penelitian menunjukkan ada dua aspek yang tingkat implementasinya berada di bawah 60% yaitu sarana dan prasarana (49.3%) dan aspek keuangan (51.8%). Dilihat dari indikator implementasi pendidian inklusif, terdapat 6 butir yang implementasinya berada di bawah 50%, yaitu: kepemilikan guiding blocks (7.5%), kepemilikan toilet khusus (49.1%), kepemilikan simbol braille (32%), kepemilikan guru pendamping (shadow teacher) (24.5%), dukungan dana dari pemerintah pusat (37.7%), dan dukungan dana dari lembaga non pemerintah (9.4%). Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga pihak sekolah perlu terus bekerja secara intens dan sistematik untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan inklusif, terutama pada aspek-aspek implementasi inklusif yang belum optimal. ***** Education Data in 2022 stated that 40,928 schools have implemented inclusive education. This proves the government's commitment to realizing open and inclusive education for all. The question is whether schools designated as inclusive education providers have implemented inclusive education adequately. This study aimed to determine whether inclusive education provider schools have successfully implemented inclusive education services. Participants in this study were 53 Elementary Schools (SD) in Tangerang City that have been designated as inclusive education providers. This was survey research with data collected through a questionnaire, which provided 'yes' and 'no' answers for each item. A 'yes' answer indicates a good condition of inclusive education implementation and vice versa. The questionnaire consisted of 40 items divided into 6 aspects of inclusive education implementation, namely: (1) Students (2) Educators (3) Curriculum (4) Facilities and infrastructure (5) Finance and (6) Environment. The research results showed that 35.85% (19 schools) were in the very good category, 62.26% (33 schools) were in the good category, 1.89% (1 school) was in the sufficient category, and no schools were in the less and very less categories in the implementation of inclusive education. In terms of the implementation aspects of inclusive education, the results showed that there were two aspects with an implementation level below 60%, namely facilities and infrastructure (49.3%) and financial aspects (51.8%). In terms of inclusive education implementation indicators, there were 6 items with an implementation level below 50%, namely: ownership of guiding blocks (7.5%), ownership of special toilets (49.1%), ownership of Braille symbols (32%), ownership of shadow teachers (24.5%), financial support from the central government (37.7%), and financial support from non-governmental organizations (9.4%). The central government, local government, and schools need to continue working intensively and systematically to improve the quality of inclusive education implementation, especially in aspects of inclusive implementation that have not been optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr.Asep Supena, M.Psi; 2). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27048 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 03:56 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |