MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS KELAS V-C SDN BENDUNGAN HILIR 12 PAGI DENGAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, DAN CREATE (RADEC)

MARIA TARIGAN, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS KELAS V-C SDN BENDUNGAN HILIR 12 PAGI DENGAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, DAN CREATE (RADEC). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN (45) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V-C SDN Bendungan Hilir 12 Pagi melalui model Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing tiga pertemuan. Data diperoleh melalui tes tertulis, observasi tindakan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik adalah 69 dengan persentase ketercapaian 56,5%. Pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 86 dengan persentase ketercapaian 91%, menunjukkan keberhasilan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Selain itu, pengamatan tindakan guru dan peserta didik menunjukkan peningkatan dalam keterlaksanaan pembelajaran dengan model RADEC. Dengan demikian, penerapan model RADEC terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V-C SDN Bendungan Hilir 12 Pagi. Model ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan komunikasi peserta didik. ***** This study aimed to improve the mathematical communication skills of students in class V-C SDN Bendungan Hilir 12 Pagi through the Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) model. This research used Classroom Action Research (PTK) method with Kemmis and McTaggart design consisting of two cycles, each with three meetings. Data were obtained through written tests, observation of teacher and learner actions. The results showed a significant increase in students' mathematical communication skills. In cycle I, the average score of students was 69 with an achievement percentage of 56.5%. In cycle II, the average score increased to 86 with a percentage of 91% achievement, showing the success of achieving the Learning Objective Achievement Criteria (KKTP). In addition, observations of teacher and learner actions showed an increase in the implementation of learning with the RADEC model. Thus, the application of the RADEC model was proven effective in improving the mathematical communication skills of students in class V-C SDN Bendungan Hilir 12 Pagi. This model could be used as an innovative alternative in learning mathematics in elementary schools to improve students' understanding and communication skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd.; 2). Taofik, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26529 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:40
Last Modified: 03 Mar 2025 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54027

Actions (login required)

View Item View Item