PENGARUH PENERAPAN MEDIA E - MAGAZINE MENGENAI ATMOSFER (PERUBAHAN IKLIM) DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 109 JAKARTA

CINDY LENNY MARGARETHA, . (2025) PENGARUH PENERAPAN MEDIA E - MAGAZINE MENGENAI ATMOSFER (PERUBAHAN IKLIM) DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 109 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_SKRIPSI CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-1-12.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN_SKRIPSI CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-18-26.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORI_SKRIPSI CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-27-53.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN_CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-54-66.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN_CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-67-116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN_CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-117-119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-120-124.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP_SKRIPSI CINDY LENNY MARGARETHA_1402620041_PENDIDIKAN GEOGRAFI 2020-125-179.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran E-Magazine terhadap hasil belajar Peserta Didik kelas X di SMAN 109 Jakarta mengenai materi Atmosfer (Perubahan Iklim). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membantu sekolah dalam mengevaluasi ketercapaian pembelajaran berdasarkan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yang telah ditetapkan, sehingga proses evaluasi dan perbaikan pembelajaran dapat dilakukan secara lebih optimal. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari–November 2024. E-Magazine ini dipublikasikan dalam website FlipHTML5 dan metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi-Experimental dengan desain One Grup Pre test-Post test Design. Sampel penelitian diambil secara random sampling, terdiri dari satu kelas eksperimen dengan 36 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Pada penelitian ini, uji instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai meningkat dari 62,08 menjadi 85,00. Kesimpulan ini diperkuat oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 pada uji Paired Sample T-Test, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penggunaan E-Magazine dalam pembelajaran geografi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 109 Jakarta. ***** This study aims to determine the effect of the use of E-Magazine learning media on the learning outcomes of class X students at SMAN 109 Jakarta regarding the Atmosphere (Climate Change) material. In addition, this study also aims to assist schools in evaluating learning achievement based on the KKTP (Criteria for Achieving Learning Objectives) that have been set, so that the evaluation and improvement process of learning can be carried out more optimally. This study was conducted in February–November 2024. This E-Magazine was published on the FlipHTML5 website and the method used in the study was Quasi-Experimental with a One Group Pre-test-Post-test Design. The research sample was taken by random sampling, consisting of one experimental class with 36 students. The research instrument was a multiple-choice test of 20 questions, with hypothesis testing using the Paired Sample T-Test. In this study, the instrument test was declared valid and reliable, and the data was declared normal and homogeneous. Data analysis showed an increase in student learning outcomes in the experimental class, with an average score increasing from 62.08 to 85.00. This conclusion is supported by the significance value of 0.000 in the Paired Sample T-Test, which means that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, the use of E-Magazine in geography learning has a positive effect on improving the learning outcomes of class X students at SMAN 109 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Asma Irma Setianingsih, M.Si. ; 2). Dr. Aris Munandar, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 26206 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:56
Last Modified: 03 Mar 2025 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54173

Actions (login required)

View Item View Item