FITRAN RAIDIL, . (2025) PENGEMBANGAN E-LEARNING MOODLE FITUR PAGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS DI SMK N 31 JAKARTA PUSAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
lampiran_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) Moodle dengan fitur Page guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 31 Jakarta Pusat. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran serta pemanfaatan teknologi yang belum optimal dalam mendukung pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Data dikumpulkan melalui uji coba dalam dua tahap, yaitu kelompok kecil (10 siswa) dan implementasi skala besar (33 siswa). Evaluasi dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan analisis peningkatan hasil belajar dengan metode N-Gain. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengevaluasi pengalaman pengguna dan efektivitas LMS dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS Moodle dengan fitur Page memberikan pengalaman pembelajaran lebih efektif. UEQ menunjukkan peningkatan skor Efficiency dan Dependability dari 1,63 menjadi 1,80 (Good), sementara Novelty meningkat dari 1,08 menjadi 1,30 (Above Average). Analisis N-Gain menunjukkan rata-rata skor 0,67 (kategori sedang), dengan 36,7% siswa mengalami peningkatan tinggi, 50% sedang, dan 13,3% rendah. Sebagai pembaruan, penelitian ini menekankan penggunaan fitur Page dalam Moodle yang memungkinkan penyajian materi secara lebih terstruktur, interaktif, dan fleksibel. Fitur ini memungkinkan guru mengatur konten pembelajaran dengan akses terbatas sehingga siswa dapat belajar secara berurutan sesuai pemahamannya. Selain itu, fitur Page mendukung integrasi multimedia seperti teks, gambar, dan video untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah pengembangan fitur Page lebih lanjut dengan menambahkan elemen interaktif seperti kuis langsung dan forum diskusi, serta peningkatan pelatihan bagi guru agar dapat memanfaatkan fitur ini secara optimal dalam pembelajaran digital. Kata Kunci: LMS Moodle, Fitur Page, ADDIE, UEQ, Ekonomi Bisnis, N-Gain. ***** ABSTRACT This study aims to develop a Moodle Learning Management System (LMS) with the Page feature to improve student learning outcomes in the Business Economics subject at SMK Negeri 31 Jakarta Pusat. The main issue addressed is low student learning outcomes due to lack of innovation in teaching methods and suboptimal use of technology to support interactive learning. The research method used is the ADDIE development model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Data were collected through two trial phases: a small group (10 students) and large-scale implementation (33 students). Evaluations were conducted using the User Experience Questionnaire (UEQ), and learning outcome improvements were analyzed using the N-Gain method. The data were analyzed using descriptive statistics to assess user experience and effectiveness of the LMS. The study results indicate that the Moodle LMS with the Page feature provides a more effective learning experience. The UEQ results show an increase in scores for Efficiency and Dependability from 1.63 to 1.80 (Good), while Novelty improved from 1.08 to 1.30 (Above Average). The N-Gain analysis shows an average learning improvement score of 0.67 (medium category), with 36.7% of students experiencing high improvement, 50% moderate, and 13.3% low. As an innovation, this research emphasizes the use of the Page feature in Moodle, allowing structured, interactive, and flexible content delivery. This feature enables teachers to organize learning materials with restrictive access, ensuring that students progress sequentially based on their understanding. Additionally, the Page feature supports multimedia integration, enhancing student engagement. Future research recommendations include further development of the Page feature by incorporating interactive elements such as live quizzes and discussion forums, as well as improving teacher training to maximize the effective use of this feature in digital learning. Keywords: LMS Moodle, Page Feature, ADDIE, UEQ, Business Economics, N-Gain.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muksin, S.Pd., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 27251 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |