SURVEI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MAJELIS TAKLIM

NURUL SHOLIHAH, . (2020) SURVEI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MAJELIS TAKLIM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada Majelis Taklim kelurahan Sudimara Timur. Tujuan penelitian ini ditinjau dari tujuh prinsip-prinsip andragogi yang dilakukan oleh pendidik menurut Gary J. Conti dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip andragogi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendidik di majelis taklim yang berada di Kelurahan Sudimara Timur, sebanyak 35 orang pendidik. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh (sampel sensus) atau menggunakan keseluruhan dari total populasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi kategori dalam memaparkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor responden sebesar 82,82. Angka tersebut didapatkan dari total skor dari total responden dibagi dengan jumlah item pernyataan yang ada pada kuesioner penelitian ini. Dimana angka tersebut dapat dikatakan masuk kedalam skala kategori terbilang setuju. Hal tersebut menunjukan bahwa rata-rata responden menyatakan setuju atau mengiyakian bahwa proses pembelajaran di Majelis Taklim kelurahan Sudimara Timur sudah berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip andragogi yang dikemukakan oleh Gary J. Conti, yaitu pembelajaran berpusat pada kegiatan peserta didik, personalisasi instruksi, pembelajaran berdasarkan pengalaman, penilaian kebutuhan peserta didik, iklim bangunan, partisipasi peserta didik dalam proses belajar dan fleksibilitas untuk pengembangan pribadi. This study aims to find the application of andragogy principles implementation in learning process at the Majelis Taklim in East Sudimara village. The purpose of this study is reviewed seven principles of andragogy that conducted by educators according to Gary J. Conti in the implementation of learning activities that are in line with the principles of andragogy. The population in this study was the teacher of Majelis Taklim as many as 35 people in Kelurahan Sudimara Timur. Sampling uses a saturated sampling technique (census sample), there means uses the whole population completely. The research method used in this study is a survey method with a quantitative approach. Data analysis using descriptive statistics using the category frequency distribution table in describing research results. The results showed an average score of respondents was 82.82. This figure is obtained from the total score of the total respondents divided by the number of statement items in the research questionnaire. Where these numbers can be said to enter into the category scale fairly agree. This mean the average respondent agreed or affirmed that the learning process at the Majelis Taklim in East Sudimara had run in accordance with the principles of andragogy put forward by Gary J. Conti, which include student activities centered learning, personalized instruction, experiential learning, student needs assesment, building climate, student participation in the learning process and personal development flexibility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Puji Hadiyanti, M. Si. ; 2) Adi Irvansyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 1220 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 18:23
Last Modified: 09 Apr 2020 18:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item