ANA AMALIA ISLAMI, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL ITA (IDENTIFY PROBLEM, THINK AND WRITE, ANALYSIS AND ARGUMENTATION) KELAS X MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS: STUDI KASUS DI SMK JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan pendidikan vokasional di era industri 4.0 mendorong pembelajaran yang harus menunjang keterampilan abad-21 yaitu 4C karena menyesuaikan perkembangan era. Salah satu keterampilan yang banyak diteliti yaitu berpikir kritis, karena kerap diasumsikan sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau disebut HOTS. Meskipun HOTS telah diintegrasikan ke dalam pembelajaran, keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMK masih tergolong rendah. Penyebabnya ialah karena kurangnya kemampuan mengidentifikasi masalah, metode pembelajaran yang kurang efektif, serta guru yang belum optimal dalam menerapkan HOTS dan menyusun pertanyaan tingkat tinggi. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan modul ajar berbasis model ITA (Identify Problem, Think and Write, Analysis and Argumentation). Model ITA dirancang untuk mengakomodasi pendekatan pembelajaran berbasis HOTS dengan mengarahkan peserta didik untuk mengidentifikasi permasalahan, menganalisis informasi, serta menyusun argumentasi yang logis dan sistematis. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) kelas X pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMK Jakarta. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian mencakup analisis kebutuhan, perancangan modul ajar, pengembangan dan validasi oleh para ahli, implementasi di kelas, serta evaluasi efektivitas. Validasi dilakukan oleh ahli materi, desain pembelajaran, dan bahasa untuk memastikan kualitas modul ajar. Uji coba dilakukan pada peserta didik guna mengukur efektivitas model ITA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test pada peserta didik selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji t, dapat disimpulkan bahwa skor post-test kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan yang berarti modul ajar yang dikembangkan sudah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK terkait dengan Teknik konstruksi dan Perumahan. Sehingga disimpulkan bahwa penelitian pengembangan modul ajar dengan model ITA mampu menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMK, khususnya dalam bidang Teknik Konstruksi dan Perumahan. Direkomendasikan bagi penelitian lanjutan untuk menerapkan model ITA pada mata pelajaran lain dan mengembangkan instrumen asesmen yang lebih komprehensif untuk mengukur keterampilan berpikir kritis secara lebih mendalam. *********** The development of vocational education in the Industrial 4.0 era encourages learning that must support 21st-century skills, specifically the 4Cs, to align with the era's advancements. One of the most widely studied skills is critical thinking, as it is often considered a high-order thinking skill (HOTS). Although HOTS has been integrated into learning, vocational school students' critical thinking skills remain relatively low. This is due to a lack of problem-identification skills, ineffective teaching methods, and teachers who are not yet fully proficient in implementing HOTS and formulating high-level questions. This study aims to increase students' critical thinking skills through the development of a teaching module based on the ITA model (Identify Problem, Think and Write, Analysis and Argumentation). The ITA model is designed to accommodate a HOTS-based learning approach by guiding students to identify problems, analyze information, and construct logical and systematic arguments. This research was conducted on 10th-grade students in the Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) program for the Basic Construction and Housing Engineering course at a vocational school in Jakarta. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The research stages include needs analysis, module design, development and validation by experts, classroom implementation, and effectiveness evaluation. Validation was conducted by subject matter experts, instructional design experts, and language experts to ensure the quality of the teaching module. A trial was conducted on students to measure the effectiveness of the ITA model in improving critical thinking skills. Data collection was carried out through pre-tests and post-tests during the learning process. Based on statistical tests using the t-test, the post-test scores of the experimental class were significantly higher, indicating that the developed teaching module was effective in improving vocational high school students' learning outcomes in Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP). Therefore, it is concluded that developing a teaching module using the ITA model can serve as an effective alternative learning strategy to improve vocational students' critical thinking skills, particularly in Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP). Future research is recommended to apply the ITA model to other subjects and develop more comprehensive assessment instruments to measure critical thinking skills in greater depth.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 27353 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 08:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 08:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |