Istiqomatul Fauziah, . (2025) PEMANFAATAN MEDIA BLOCK DIENES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL NILAI TEMPAT BILANGAN (50-150) ANAK AUTIS DI SLB MAITRI SCHOOL JENJANG SMPLB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover (12)_compressed.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenali nilai tempat bilangan 50-150 pada siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Maitri School Jakarta jenjang SMPLB. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dengan autisme. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Hopkins, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kuantitatif untuk menghitung hasil pre-test dan post-test serta metode kualitatif untuk menganalisis data secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Block Dienes dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa peserta didik dengan autisme dalam mengenali nilai tempat bilangan 50-150 di SLB Maitri School Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata sebesar 22,94% pada siklus I, dari rata-rata kemampuan awal 49,97 menjadi 72,91. Peningkatan ini dicapai melalui langkah-langkah seperti penjelasan konsep nilai tempat (ratusan, puluhan, satuan), penggunaan media Block Dienes, dan demonstrasi penggunaan media tersebut. Pada siklus II, terjadi peningkatan rata-rata lebih lanjut sebesar 13,45%, dari 72,91 menjadi 81,14. Pada evaluasi akhir siklus I, siswa NA, SR dan NH menunjukkan minat yang tinggi terhadap media Block Dienes dan dapat dengan mudah menggunakan media tersebut sesuai dengan instruksi guru. Namun, peserta didik seringkali mengalami kesulitan untuk fokus dan mengontrol perilaku berulang (stimming) yang dipicu oleh gangguan dari benda-benda atau hal-hal lain di sekitar kelas. Pada siklus II, siswa NA, SR dan NH menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengelompokkan dan menyebutkan bilangan sesuai dengan konsep nilai tempat yang benar. Hal ini terbukti dengan peningkatan nilai yang melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KPM) yang telah ditentukan. ***** This study aimed to enhance the place value recognition skills of numbers 50-150 in autistic students at Maitri School Jakarta, a special school for students with disabilities at the junior high school level. Four students with autism participated in this study. A Classroom Action Research (CAR) design, utilizing Hopkins' model, was employed, encompassing planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected through tests, observations, and documentation. Both quantitative analysis, to calculate pre- and post-test results, and qualitative analysis were conducted. The findings revealed that the use of Dienes Blocks as a teaching aid significantly improved the learning process and outcomes of autistic students in recognizing place value of numbers 50-150 at Maitri School Jakarta. This was evidenced by a 22.94% increase in the average score from the initial 49.97 to 72.91 in the first cycle. Such improvement was attributed to strategies like explaining the concept of place value (hundreds, tens, ones), utilizing Dienes Blocks, and demonstrating their usage. In the second cycle, there was a further increase of 13.45%, from 72.91 to 81.14. At the end of the first cycle, students NA, SR, and NH demonstrated a keen interest in Dienes Blocks and could easily use them as instructed. However, these students often struggled to maintain focus and control repetitive behaviors (stimming) triggered by distractions in the classroom. In the second cycle, NA, SR, and NH showed improved abilities in grouping and stating numbers according to the correct place value concept. This was evident in the increased scores that exceeded the predetermined Minimum Competency Criteria (KPM).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Suprihatin, M.Ed,Ed.D; 2). Dr Hartini Nara, M. Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27326 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:35 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |