OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM LEARNING RECOVERY PASCA PANDEMI PADA PENDIDIKAN DASAR

Dewi Nilam Tyas, Dewi Nilam Tyas and Farid Ahmadi, Farid Ahmadi and Sri Sukasih, Sri Sukasih and Desi Wulandari, Desi Wulandari and Eem Munawaroh, Eem Munawaroh (2023) OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM LEARNING RECOVERY PASCA PANDEMI PADA PENDIDIKAN DASAR. Sarwahita, 20. pp. 288-297. ISSN 0216-7484

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/sarwahita.20k.5

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan pengetahuan dan keterampilan akademik peserta didik (learning loss) yang dikhawatirkan berdampak krusial dalam pencapaian target pembelajaran sehingga learning recovery sangat penting diterapkan. Permasalahan yang dihadapi guru-guru Gugus Kemuning adalah kesulitan mengembangkan e-learning sebagai upaya percepatan learning recovery pasca pandemi. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan keterampilan untuk mengembangkan e-learning, sehingga optimalisasi peran guru dalam learning recovery pasca pandemi pada pendidikan dasar dengan memanfaatkan e-learning penting untuk dilakukan. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru di Gugus Kemuning, Kota Semarang sejumlah 56 guru. Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi: 1) diskusi detail rencana pelaksanaan kegiatan; 2) pemaparan materi learning recovery dengan pemanfaatan teknologi digital, khususnya E-Learning; 3) pendampingan pengembangan dan presentasi hasil E-Learning yang dikembangkan; 5) pengisian kuesioner untuk mengetahui keberhasilan kegiatan. Simpulan kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman mengenai peran guru dalam learning recovery pasca pendemi, sehingga guru-guru mampu mengaplikasikan pemahaman yang telah diperoleh untuk mengoptimalkan peran guru dalam learning recovery pasca pendemi pada Pendidikan Dasar.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:27
Last Modified: 04 Mar 2025 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54560

Actions (login required)

View Item View Item