Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Kecamatan Setiabudi

NERLYANA, . (2025) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Kecamatan Setiabudi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN Karet 01 Pagi, Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) dan mempunyai tes awal serta tes akhir dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 peserta didik. Penelitian dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada peserta didik pada awal pertemuan dan terakhir pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa 15 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, instrumen tersebut juga diuji normalitas dan homogenitas dengan uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05, didapat bahwa nilai thitung = 4,702 > ttabel = 1,671. Artinya bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada materi Indonesiaku Kaya Budaya. Oleh karena itu, guru perlu memilih media pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik. ***** This research is a type of experimental quantitative research involving one class as an experimental class which aims to determine the effect of using Canva-based interactive media on the social studies learning outcomes of class IV elementary school students. The sample in this study was all class IV students at SDN Karet 01 Pagi, Karet Village, Setiabudi District, South Jakarta. The research design used was One Group Pretest-Posttest, namely an experiment carried out without a comparison class (control class) and had a pre-test and final test with the research sample being 30 class IV students. The research was carried out in 16 meetings. The data collection technique used is a learning outcomes test given to students at the beginning of the meeting and at the end of the meeting. Data collection was carried out using a test instrument in the form of 15 multiple choice questions which had been tested for validity and reliability. The instrument was also tested for normality and homogeneity using data requirements tests. Next, hypothesis analysis was carried out using the t-test with a significance level of α = 0.05, it was found that the value of t = 4.702 > ttable = 1.671. This means that the null hypothesis (H0) is rejected and the working hypothesis (H1) is accepted, which means that there is an influence from the use of Canva-based interactive media on the social studies learning outcomes of class IV elementary school students on the material Indonesiaku Kaya Budaya. Therefore, teachers need to choose the right learning media to improve social studies learning outcomes for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indah Wardatussa'idah, M.Pd; 2). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27125 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:38
Last Modified: 05 Mar 2025 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54604

Actions (login required)

View Item View Item