SHINTA INDRAWATI, . (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAK TARI KREASI BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB CAHAYA JAYA JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan motorik kasar melalui gerak tari kreasi bagi anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Jaya Jakarta Utara. SLB Cahaya Jaya Jakarta Utara dipilih oleh peneliti sebagai Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian model spiral Kemmis dan Taggart berupa perencanaan , tindakan dan pengamatan serta refleksi. Penelitian memiliki 2 siklus , pada siklus pertama ada 5 pertemuan dan siklus kedua ada 3 pertemuan. Pemberian materi pembelajaran di siklus ke-1 (pertemuan ke-1 s/d pertemuan ke-2) , 2 pertemuan untuk mengulang materi pembelajaran (pertemuan ke-3 & pertemuan ke-4, dan terakhir 1 pertemuan untuk evaluasi yaitu pertemuan ke-5. Karena di siklus ke-1 belum mencapai nilai yang ditargetkan sehingga melanjutkan di siklus ke-2 dengan 2 pertemuan untuk mengulang materi pembelajaran (pertemuan ke-1 & pertemuan ke-2, dan terakhir 1 pertemuan untuk evaluasi yaitu pertemuan ke-3. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas V dengan hambatan intelektual ringan di SLB Cahaya Jaya Jakarta Utara yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosentase nilai rata-rata yang ditargetkan adalah 60% , pada pra siklus nilai rata-rata adalah 37,5% menunjukkan belum tercapai dari prosentase nilai rata-rata yang ditargetkan, pada siklus I meningkat menjadi 55,3% menunjukkan belum tercapai prosentase nilai rata-rata yang ditargetkan, pada siklus II prosentase nilai rata-rata meningkat menjadi 83% menunjukkan prosentase nilai rata-rata diatas yang telah ditargetkan. Kata kunci: Motorik Kasar, Tari Kreasi , Hambatan Intelektual Ringan ***** ABSTRACT This research aims to improve gross motor skills through creative dance movements for children with mild mental retardation at SLB Cahaya Jaya, North Jakarta. Cahaya Jaya SLB North Jakarta was chosen by researchers as Classroom Action Research. Kemmis and Taggart's spiral model research design consists of planning, action and observation and reflection. The research had 2 cycles, in the first cycle there were 5 meetings and in the second cycle there were 3 meetings. Providing learning material in the 1st cycle (1st meeting to 2nd meeting), 2 meetings to repeat the learning material (3rd meeting & 4th meeting, and finally 1 meeting for evaluation, namely the 5th meeting. Because in the 1st cycle the target value had not been achieved, it continued in the 2nd cycle with 2 meetings to repeat the learning material (1st meeting & 2nd meeting, and finally 1 meeting for evaluation, namely the 3rd meeting. The subjects chosen were class V students with mild intellectual disabilities at Cahaya Jaya North Jakarta Special School who took part in dance extracurricular activities. Data collection used tests and observations. The analysis method used was qualitative and quantitative descriptive. The average target percentage was 60%, in the pre-cycle the average value was not achieved, in the second cycle the average value percentage was not achieved. increased to 83% indicating an average percentage value above that which had been targeted. Keywords: Gross Motor, Creative Dance, Mild Intellectual Disabilities
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27350 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |