PENGEMBANGAN SPOC BERORIENTASI PREFERENSI GAYA BELAJAR DAN ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

IBNU NUR AKHSAN, . (2025) PENGEMBANGAN SPOC BERORIENTASI PREFERENSI GAYA BELAJAR DAN ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Bab 2_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Lampiran_Thesis_Ibnu Nur Akhsan_1110823020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan Small Private Online Course (SPOC) sebagai solusi atas keterbatasan Massive Open Online Course (MOOC), terutama dalam meningkatkan personalisasi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu tantangan utama dalam implementasi SPOC adalah kurangnya perhatian terhadap aspek "private" yang seharusnya menjadi keunggulan utama model ini. Berdasarkan survei terhadap 140 siswa, sebanyak 92,9% menginginkan materi yang sesuai dengan gaya belajar mereka (visual, auditori, kinestetik), sementara 63,8% siswa menghendaki integrasi materi matematika dengan bidang otomotif. Selain itu, 73% siswa menginginkan pembelajaran online yang fleksibel namun tetap bersifat privat dalam sistem Learning Management System (LMS). Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan pendekatan Borg & Gall tahap pertama untuk mengumpulkan kebutuhan siswa melalui observasi kelas. Selanjutnya, pendekatan Dick & Carey diterapkan untuk mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi SPOC berbasis preferensi gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SPOC ini layak digunakan dalam desain pembelajaran, media, dan materi, sebagaimana dinilai oleh para ahli dalam aspek konten instrumen dan validasi konstruk berdasarkan uji statistika (correlation pearson dan Cronbarch Alpha). Evaluasi efektivitas menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,64-0,66, Dengan demikian, implementasi SPOC yang disesuaikan dengan preferensi gaya belajar untuk membentuk kelompok belajar kolaboratif memberikan pengalaman belajar yang lebih fleksibel dan mendalam serta meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah kejuruan. ***** This study explores the development of a Small Private Online Course (SPOC) as a solution to the limitations of Massive Open Online Courses (MOOCs), particularly in enhancing personalization and learning effectiveness. One of the main challenges in implementing SPOC is the lack of attention to the "private" aspect, which should be a key advantage of this model. A survey of 140 students revealed that 92.9% preferred learning materials tailored to their learning styles (visual, auditory, kinesthetic), while 63.8% desired the integration of mathematics content with the automotive field. Additionally, 73% of students sought a flexible yet private online learning experience within a Learning Management System (LMS). This study employs a Research and Development (R&D) methodology using the initial phase of the Borg & Gall approach to collect student needs through classroom observations. The Dick & Carey approach was then applied to design, develop, and evaluate a SPOC based on learning style preferences. The findings indicate that this SPOC development is feasible in terms of instructional design, media, and content, as assessed by experts based on instrument content and construct validation using statistical tests (Pearson correlation and Cronbach’s Alpha). Effectiveness evaluation results show that student learning improvement falls within the moderate category, with an N-Gain score of 0.64–0.66. Thus, implementing a SPOC tailored to learning style preferences to form collaborative learning groups provides a more flexible and in-depth learning experience, ultimately enhancing learning effectiveness in vocational schools.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa; 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Ibnu Nur Akhsan .
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:09
Last Modified: 06 Mar 2025 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54804

Actions (login required)

View Item View Item