PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 31 JAKARTA

INTAN NUR ARINI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa yang dimediasi oleh motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 144 siswa dari kelas XI SMK Negeri 31 Jakarta. Dalam penelitian ini, teknik proposional random sampling digunakan, menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% sehingga penentuan pengambilan sampel yakni sebanyak 104 responden. Teknik analisis data PLS-SEM dilakukan menggunakan program SmartPLS. Hasil uji hipotesis dari penelitian ini mendapati bahwa variabel penggunaan media pembelajaran edmodo memengaruhi hasil belajar siswa, variabel penggunaan media pembelajaran edmodo memengaruhi motivasi belajar, variabel motivasi belajar memengaruhi hasil belajar siswa. Selanjutnya, pengaruh penggunaan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa juga terjadi secara tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai mediator. Kata Kunci: Media Pembelajaran Edmodo, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Analisis Jalur, Pendidikan. *****The aim of this research is to analyze how the use of Edmodo learning media affects student learning outcomes which are mediated by learning motivation. This research uses quantitative methods with primary data through distributing questionnaires. This research involved a population of 144 students from class XI of SMK Negeri 31 Jakarta. In this research, a proportional random sampling technique was used, using the Isaac and Michael table with an error rate of 5% so that the sample taken was 104 respondents. The PLS-SEM data analysis technique was carried out using the SmartPLS program. The results of hypothesis testing from this research found that Edmodo learning media variables influence student learning outcomes, Edmodo learning media variables influence learning motivation, learning motivation variables influence student learning outcomes. Furthermore, the influence of Edmodo learning media on student learning outcomes also occurs indirectly through learning motivation as a mediator. Keywords: Edmodo Learning Media, Learning Outcomes, Learning Motivation, Path Analysis, Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, M.Bus. ; 2). Roni Faslah, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 26340 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:54
Last Modified: 06 Mar 2025 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54850

Actions (login required)

View Item View Item