PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK LITERASI SAINS UNTUK MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5 -6 TAHUN

ADIIS RETNA UTARA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK LITERASI SAINS UNTUK MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5 -6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (14)_compressed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Membangun kesadaran lingkungan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB. Membangun kesadaran lingkungan perlu dilakukan sedini mungkin. Anak yang memiliki kesadaran lingkungan memahami bahwa dirinya adalah bagian dari ekologi yang hidup bersama-sama dengan makhluk hidup lainnya. Namun satuan-satuan PAUD di Indonesia masih belum sepenuhnya memfasilitasi urgensi akan pembentukan kesadaran lingkungan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik literasi sains yang efektif dalam membangun kesadaran lingkungan pada anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain penelitian berpedoman pada ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media komik efektif dalam membangun kesadaran lingkungan pada anak. Efektivitas media komik terlihat dari munculnya tiga aspek kesadaran lingkungan pada anak setelah menggunakan komik, yaitu aspek pengetahuan, sikap dan perilaku. Efektivitas juga terukur melalui uji-t yang menunjukkan adanya perbedaan nilai sebelum dan sesudah menggunakan komik. ***** Building environmental awareness aligns with the Sustainable Development Goals (SDGs) established by the United Nations. Developing environmental awareness should begin as early as possible. Children who possess environmental awareness understand that they are part of an ecosystem, coexisting with other living beings. However, early childhood education institutions (PAUD) in Indonesia have not yet fully facilitated the urgency of fostering environmental awareness in children. This study aims to develop an effective science literacy comic medium to build environmental awareness in children aged 5–6 years. The study employs a research and development (R&D) method, following the ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate) research framework. The results indicate that the use of comic media is effective in developing children's environmental awareness. This effectiveness is evidenced by the emergence of three aspects of environmental awareness in children after using the comic: knowledge, attitude, and behavior. The effectiveness is also measured through a t-test, which shows a significant difference in scores before and after using the comic.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd; 2). Ade Dwi Utami, M.Pd., PhD
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 27370 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:24
Last Modified: 06 Mar 2025 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54865

Actions (login required)

View Item View Item