CINDY NABILA GHAISANI, . (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN RODA PUTAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 7-8 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
(1) COVER - NIM.pdf Download (73kB) |
|
Text
(2) ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text
(3) LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
(4) LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (691kB) |
|
Text
(5) SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (756kB) |
|
Text
(6) KATA PENGANTAR.pdf Download (399kB) |
|
Text
(7) DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) |
|
Text
(8) BAB 1.pdf Download (422kB) |
|
Text
(9) BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text
(10) BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
(11) BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text
(12) BAB 5.pdf Download (224kB) |
|
Text
(13) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
|
Text
(14) LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
(15) DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (402kB) |
Abstract
Pengembangan karya inovatif ini menghasilkan produk berupa permainan Roda Putar. Alat permainan Roda Putar terdiri dari roda, kartu pertanyaan, dan bola untuk membantu menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 7-8 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 7-8 tahun di TK Melati sebanyak 5 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analisis, Rancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Model ADDIE sesuai namanya memiliki lima tahapan yaitu menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasi, dan mengevaluasi. Pengembangan ini telah melalui tahap evaluasi expert review oleh ahli media dan ahli materi, serta one to one evaluation. Uji coba yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan ketika anak melakukan permainan Roda Putar. Pada uji expert review oleh ahli media didapatkan nilai 87,50% dengan kategori sangat layak. Pada uji expert review oleh ahli materi didapatkan nilai 83,75% dengan kategori sangat layak. Pada uji one to one evaluation didapatkan nilai 96% dengan kategori sangat layak. Dari keseluruhan data evaluasi dapat dikatakan bahwa permainan Roda Putar dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 7-8 tahun. The development of this innovative work resulted a product called Roda Putar. Roda Putar consists of wheel, question cards, and ball to stimulate problem solving skill in children aged 7-8 years. The samples in this study were five children aged 7-8 years in TK Melati. The development model of this innovative work is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluation). The ADDIE model has five stages, which is analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating. This development has gone through an expert review evaluation by media expert and material expert, and one to one evaluation. The trial was done by observing while the children are playing with Roda Putar. In the expert review test by media expert, the value was 87.50% with a very decent category. In the expert review test by material expert, the value was 83.75% with a very decent category. In the one to one evaluation test it was obtained a value of 96% with a very decent category. From the overall evaluation data, it can be said that Roda Putar can be used to stimulate problem solving skill in children aged 7-8 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Hikmah, MM, M.Pd. ; 2.) Azizah Muis, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 792 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 13:32 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 13:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5489 |
Actions (login required)
View Item |