Pengembangan Media Eco-Website Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMA

IEVA FARISNA, . (2025) Pengembangan Media Eco-Website Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan pada siswa yakni dengan memberikan inovasi media pembelajaran sehingga siswa terdorong untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media eco-website berbasis PBL pada materi ekosistem dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 1 Waringinkurung Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan yakni educational design research dengan menggunakan model Hannafin and Peck yang meliputi tiga tahapan. Tahap need assessment menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media yang menarik dilengkapi dengan penyajian gambar, video, game, terdapat kasus dan media dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa membebani memori smartphone. Tahap design dilakukan perancangan produk untuk menghasilkan media eco-website dengan menyediakan fitur materi pembelajaran berupa gambar, teks, maupun video. Tersedia kasus dan dilengkapi kegiatan dengan pendekatan PBL, serta tersedia fitur games menarik. Tahap development and implement menghasilkan media eco-website berbasis PBL yang layak digunakan, hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai yang diberikan oleh ahli media dan materi sebesar 88,33% dan 89,17%. Hasil uji keterbacaan kelompok kecil kepada siswa dan pendidik memperoleh hasil 91,80% dan 95,83% maka media layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi ekosistem. Hasil implementasi pembelajaran menggunakan media eco-website berbasis PBL pada kelas eksperimen dilakukan analisis uji MANOVA yang membuktikan bahwa media eco-website berbasis PBL yang digunakan dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa pada materi ekosistem. Dengan demikian media yang dikembangkan yakni eco-website berbasis PBL layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi ekosistem./ Learning activities that can be applied to students are by providing innovative learning media so that students are encouraged to hone their critical thinking skills and problem solving skills. The purpose of this research is to develop PBL-based eco-website media on ecosystem material and analyze the improvement of critical thinking and problem solving skills of class X students of SMAN 1 Waringinkurung Serang District. The research method used is educational design research using the Hannafin and Peck model which includes three stages. The need assessment stage shows that students need interesting media equipped with the presentation of images, videos, games, there are cases and media can be used anytime and anywhere without burdening smartphone memory. The design stage is carried out product design to produce eco-website media by providing learning material features in the form of images, text, and videos. Cases are available and equipped with activities with a PBL approach, and interesting games are available. The development and implement stage produces PBL based eco-website media that is feasible to use, this is indicated by the scores given by media and material experts of 88,33% and 89,17%. The results of the small group readability test to students and educators obtained the results of 91,80% and 95.83%, so the media is suitable for use in learning biology ecosystem material. The results of the implementation of learning using PBL-based eco-website media in the experimental class were analyzed by MANOVA test which proved that PBL-based eco-website media used in biology learning can improve students' critical thinking and problem solving skills on ecosystem material. Thus, the media developed, namely PBL-based eco-website, is feasible to use and can improve students' critical thinking and problem solving skills on ecosystem material.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hanum Isfaeni, M.Si. 2). Prof. Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 27361 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:48
Last Modified: 07 Mar 2025 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55042

Actions (login required)

View Item View Item