Zuhdi, Ilyas Naufal and Ayuningtyas, Fitria (2024) Penerapan Komunikasi Empatik Pada Penanganan Krisis Studi kasus Meledaknya Depo Pertamina Plumpang. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12 (1). pp. 1-21. ISSN 2339-1480
Full text not available from this repository.Abstract
Krisis dapat terjadi pada setiap organisasi secara tiba-tiba kapan dan dimana saja, setiap organisasi pasti pernah mengalami suatu krisis. Salah satu krisis yang pernah terjadi pada PT. Pertamina yaitu meledaknya depo Pertamina Plumpang. Meledaknya depo Pertamina Plumpang mampu menyebabkan krisis karena banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh ledakan. PT Pertamina merespon krisis tersebut dengan cepat, strategi yang diterapkan merupakan strategi pembangunan kembali (rebuild) yaitu dengan cara memberikan pernyataan bahwa Pertamina siap bertanggung jawab secarah penuh terhadap kejadian tersebut, pertamina juga menyampaikan permohonan maaf dan rasa prihatin, serta memberikan kompensasi kepada para korban. Pendekatan emosional dilakukan Pertamina untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali, salah satunya dengan cara komunikasi empati, PT. Pertamina berusaha untuk memperkuat posisinya di mata stakeholder dengan melakukan permohonan maaf, kompensasi, dan juga memposisikan diri sebagai korban.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Depositing User: | OJS LPPM UNJ . |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:14 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |