Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII

Rismawati, Melinda and K, Lili and Andri, Andri (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6 (2). pp. 23-34. ISSN 2621-4768

Full text not available from this repository.
Official URL: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sintang dalam memahami konsep matematis dan melihat bagaimana minat belajar siswa pada pelajaran matematika dengan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifjenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, soal tes dan kuisioner , Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Soal tes yang dirancang dengan bentuk soal cerita untuk mengukurkemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bilangan bulat dan lembar kuisioner di gunakan untuk mengetahui minat belajar matematika siswa. Hasil tes kemudian di evaluasi berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika , yaitu : 1) kemampuan untuk mejelaskan definisi dengan kata-kata sendiri berdasarkansifat-sifat atau ciri-ciri yang sangatmendasar; 2) kemampuan untuk membuat atau menyebutkan contoh danyang bukan contoh; 3) kemampuan untuk menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkanhasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dan minatbelajarmatematikasiswaterbilang rendah,hal ini dilihat dari ketidakmampuan sisw amemenuhi harapan setiap indikator.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 08 Mar 2025 13:09
Last Modified: 08 Mar 2025 13:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55254

Actions (login required)

View Item View Item