Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia

Restiana, Hana and Wijayanti, Dwi Antari and Sovia, Anny (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6 (2). pp. 35-42. ISSN 2621-4768

Full text not available from this repository.
Official URL: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/arti...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMP SMART Ekselensia Indonesia untuk tahun akademik 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Kemampuan pemecahan masalahan matematika siswa diukur dengan instrumen penelitian berupa 5 soal uraian pada pokok bahasan peluang yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapatkan bahwa nilai dan sehingga , sehingga tolak . Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 1,1. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori large atau besar dengan besar persentase 86%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP SMART Ekselensia Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 08 Mar 2025 13:11
Last Modified: 08 Mar 2025 13:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55255

Actions (login required)

View Item View Item