Restiana, Hana and Wijayanti, Dwi Antari and Sovia, Anny (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6 (2). pp. 35-42. ISSN 2621-4768
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMP SMART Ekselensia Indonesia untuk tahun akademik 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Kemampuan pemecahan masalahan matematika siswa diukur dengan instrumen penelitian berupa 5 soal uraian pada pokok bahasan peluang yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapatkan bahwa nilai dan sehingga , sehingga tolak . Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 1,1. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori large atau besar dengan besar persentase 86%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP SMART Ekselensia Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Sains > Matematika |
Depositing User: | OJS LPPM UNJ . |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 13:11 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 13:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |