AHMAD NUR KAHFI, . (2025) FILM ANIMASI 2 DIMENSI: TIGA KATA AJAIB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tiga Kata Ajaib adalah Tiga Kata yang penting dalam sopan santun. Tiga Kata Ajaib terdiri dari kata Maaf, Tolong, dan Terima Kasih. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, tiga kata ajaib masih jarang digunakan karena kurangnya penyampaian informasi mengenai tiga kata ajaib. Hal ini menyebabkan anak tidak menyadari dampak positif yang dapat dihasilkan dari penggunaan tiga kata ajaib dalam berkomunikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut karya ini dirancang dengan tujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi anak-anak terhadap Tiga Kata Ajaib menggunakan media yang kekinian dan lebih diminati anak saat ini. Karya yang ditampilkan berupa video animasi 2 dimensi dengan judul “Film Animasi 2 Dimensi Tiga Kata Ajaib” yang dibuat dalam 3 chapter bersambung. “Film Animasi 2 Dimensi Tiga Kata Ajaib” merupakan animasi edukasi dan hiburan karena selain mengandung edukasi tentang tiga kata ajaib juga terdapat komedi di dalamnya. “Film Animasi 2 Dimensi Tiga Kata Ajaib” ditampilkan dengan format MP4 , resolusi 1920 x 1080 dan frame rate 29,7 frame per second. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan design thinking , instrumen penelitian berupa wawancara, observasi , serta melakukan studi lapangan terhadap karya sejenis. Survei dilakukan terhadap anak Sekolah Dasar dengan usia 7-12 tahun sebagai landasan dalam perancangan karya animasi tiga kata ajaib ini. Secara keseluruhan “Film Animasi 2 Dimensi Tiga Kata Ajaib” ditampilkan berbeda dengan produk yang ada di pasaran. Cerita yang digunakan merupakan cerita baru yang bertemakan liburan dengan unsur drama dan komedinya. Sehingga karya animasi ini yang menjadi lebih menarik serta nilai edukasi dan hiburan yang terkandung di dalam cerita dapat berguna bagi penontonnya. Kata Kunci: Tiga Kata Ajaib, Animasi 2 Dimensi, Design Thinking ********* Three Magic Words are Three Words that are important in manners. Three Magic Words consist of the words Sorry, Please, and Thank You. Based on observations that have been made, the three magic words are still rarely used due to the lack of information delivery about the three magic words. This causes children to not realize the positive impacts that can be generated from the use of the three magic words in communication. Based on these problems, this work is designed with the aim of introducing and educating children about the Three Magic Words using contemporary media that is more in demand by children today. The work displayed is a 2-dimensional animated video entitled "2-Dimensional Animated Film Three Magic Words" which is made in 3 connected chapters. "2-Dimensional Animated Film Three Magic Words" is an educational and entertainment animation because in addition to containing education about the three magic words, there is also comedy in it. "2-Dimensional Animated Film Three Magic Words" is displayed in MP4 format, 1920 x 1080 resolution and a frame rate of 29.7 frames per second. The research method used is qualitative with a design thinking approach, research instruments in the form of interviews, observations, and conducting field studies on similar works. The survey was conducted on elementary school children aged 7-12 years as a basis for designing this three magic words animation work. Overall, the "Three Magic Words 2-Dimensional Animation Film" is presented differently from products on the market. The story used is a new story with a holiday theme with elements of drama and comedy. So that this animated work becomes more interesting and the educational and entertainment values contained in the story can be useful for its audience. Keywords: Three Magic Words, 2-Dimensional Animation, Design Thinking
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eko Hadi Prayitno, M.Pd. ; 2). Dr. Rizki Taufik Rakhman, S.Sn., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Kesenian > Seni Rupa, Fotografi Kesenian > Seni Menggambar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Ahmad Nur Kahfi . |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 06:58 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |