Eksplorasi Etnomatematika pada Tenun Corak Insang Melayu Pontianak

Jamilah, Jamilah and Nurmaningsih, Nurmaningsih (2024) Eksplorasi Etnomatematika pada Tenun Corak Insang Melayu Pontianak. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (1). pp. 1-9. ISSN 2621-4296

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/jrpms.081.01

Abstract

Salah satu profil pelajar pancasila yang dikembangkan dalam kurikulum merdeka (kurikulum paradigma baru) ialah berkebhinekaan global dan salah satu upaya untuk mencapai profil tersebut melalui integrasi budaya tenun corak insang melayu Pontianak dalam pembelajaran matematika. Proses integrasi tersebut memerlukan sebuah pengkajian terhadap konsep matematika dan kaitannya terhadap budaya tenun corak insang. Penelitian ini hadir dengan tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada tenun corak insang melayu Pontianak. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dilakukan deskripsi terhadap hasil eksplorasi tersebut. Wawancara, observasi, dan studi dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data. Tokoh masyarakat melayu Pontianak menjadi subjek dalam penelitian ini. Setelah melalui tiga tahapan meliputi pengolahan data, analisis data, dan interpretasi, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui eksplorasi tenun corak insang dapat dikonstruksi konsep dua garis sejajar dan konsep kesebangunan dan kekongruenan. Secara detail diperoleh bahwa rangkaian motif tenun corak insang tersusun atas kumpulan garis yang sejajar, dimana setiap garis memiliki gradien (nilai kemiringan) yang sama, yakni sebesar 11/4. Selanjutnya, rangkaian motif tenun corak insang juga tersusun atas bangun datar yang sebangun dan kongruen, dimana pada motif tenun corak insang setiap sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan setiap sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:23
Last Modified: 09 Mar 2025 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55315

Actions (login required)

View Item View Item