Oktaviani, Nurafni and Indiyah, Fariani Hermin and Aziz, Tian Abdul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 4 Tangerang. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (1). pp. 36-44. ISSN 2621-4296
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment tipe posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.9 dan VIII.10 di SMP Negeri 4 Tangerang. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berjumlah 5 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, diperoleh bahwa t_hitung=2,014, sementara t_tabel=1,668 sehingga t_hitung>t_tabel, maka H_0 ditolak. Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 0,5. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori medium atau sedang dengan besar persentase 69%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 4 Tangerang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Sains > Matematika |
Depositing User: | OJS LPPM UNJ . |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 04:26 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 04:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |