Serevina, Vina and Maulana, Diki (2024) Penyuluhan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Disekolah dan Manfaat Belajar dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Aplikasinya (JPMSA), 4 (2). ISSN 2809-8153
Full text not available from this repository.Abstract
Penjangkauan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat tentang Kurikulum Mandiri dan manfaat belajar dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan masyarakat di desa Rawapanjang. Hasil dari penyuluhan pengabdian masyarakat ini: 1) masyarakat memahami Kurikulum Mandiri (pretest: 5%, posttest: 25%), 2) memahami tujuan pendidikan (pretest: 50%, posttest: 100%), 3) memahami 4C (pretest: 25%, posttest: 50%), 4) memahami tentang pendidikan karakter (pretest: 20%, posttest: 80%), 5) memahami pendidikan karakter moral (pretest: 25%, posttest: 50%), 6) memahami pendidikan karakter Pancasila (pretest: 10%, posttest: 90%), 7) memahami manfaat dalam kehidupan sehari-hari (pretest: 50%, posttest: 100%), 8) memahami bahwa Pendidikan Fisika dapat meningkatkan pengetahuan seseorang tentang fenomena alam (pretest: 50%, posttest: 80%), 9) memahami bahwa pendidikan/sekolah dapat membuat hidup lebih baik dari orang yang tidak sekolah (pretest: 50%, posttest: 95%), 10) setuju bahwa perlu diadakan sosialisasi agar warga mengerti dan memahami sosialisasi Kurikulum Mandiri dan Manfaat Pendidikan dalam kehidupan sehari-hari (pretest: 100%, posttest: 100%). Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung setelah penyuluhan, masyarakat mampu mengakses informasi melalui google, masyarakat mampu menerapkan pembelajaran di rumah, dan memiliki daya tahan terhadap perubahan pendidikan, hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan skor N-Gain sebesar 7,11 berdasarkan pretest dan posttest yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | OJS LPPM UNJ . |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 04:34 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 04:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |