Penerapan Energi Surya dan Air dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Studi Kasus Pembelajaran Berbasis Proyek di SMAN 16 Jakarta

Wahyu, Syafrima and Susila, Anggara Budi and Nasbey, Hadi and Purwalaksana, Ahmad Zatnika (2024) Penerapan Energi Surya dan Air dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Studi Kasus Pembelajaran Berbasis Proyek di SMAN 16 Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Aplikasinya (JPMSA), 4 (2). ISSN 2809-8153

Full text not available from this repository.
Official URL: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm-sains/...

Abstract

Program Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 16 Jakarta berfokus pada pendidikan energi terbarukan melalui penerapan teknologi energi surya dan air. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan teknis siswa dan guru dalam memanfaatkan energi terbarukan, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kurikulum bertema Teknik dan Teknologi. Metode yang digunakan meliputi pelatihan intensif, instalasi langsung panel surya dan sistem energi berbasis air, dan bimbingan berkelanjutan untuk memastikan transfer pengetahuan yang mendalam. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, siswa secara aktif berpartisipasi dalam proses instalasi, mendapatkan wawasan praktis tentang prinsip-prinsip dasar energi terbarukan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, dari 60% pada pre-test menjadi 90% pada post-test, bersamaan dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi terbarukan ke dalam pelajaran mereka. Program ini diharapkan dapat menjadi model yang inovatif dan aplikatif untuk pendidikan energi terbarukan, sehingga dapat berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di bidang pendidikan dan energi bersih.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:40
Last Modified: 09 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55329

Actions (login required)

View Item View Item