RANDI ARIANDANA, . (2024) ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI DASAR TEKNIK PLAMBING PADA INDUSTRI KONSTRUKSI DENGAN MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLAMBING S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
1. File COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. File BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
3. File BAB 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. File BAB 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. File BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. File BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. File Daftar Pustaka.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
8. Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kompetensi dasar teknik plumbing dalam industri konstruksi dengan mata kuliah Teori dan Praktik Plumbing pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Jakarta. Pada penelitian ini aspek kompetensi yang di tinjau adalah kompetensi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan penyebaran kuesioner kepada tenaga kerja konstruksi bangunan pada bidang teknik plambing. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif dimana data yang dihasilkan akan dianalisis menggunakan rumus mean, standar deviasi, skor baku, dan persentase. Hasil kuesioner penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari 25 butir pernyataan aspek kompetensi yang terdapat dalam RPS dan job sheet, sebagian besar masuk dalam kategori "sangat penting," dengan hanya tiga butir yang dianggap "penting" karena tidak termasuk dalam kompetensi dasar plumbing. Dengan begitu materi yang terdapat dalam RPS , seperti, Sistem Tata Udara, Sistem Transportasi Bangunan, dan Sistem Perparkiran dapat disesuaikan dengan kompetensi dasar yang terdapat pada SKKNI No. 83 Tahun 2015 dan SKKNI No. 58 Tahun 2024. Kemudian 15 butir pernyataan aspek kompetensi dasar plambing yang terdapat dalam SKKNI dinyatakan termasuk kategori “sangat penting”. Secara umum, kurikulum telah mencakup kompetensi dasar yang relevan. Dengan demikian, mata kuliah ini telah menyediakan fondasi teoritis dan praktis yang kuat, mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri konstruksi plumbing. Kata Kunci: Kompetensi, Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing, SKKNI ***** The purpose of this research is to analyze the alignment of fundamental plumbing engineering competencies in the construction industry with the Theory and Practice of Plumbing course in the Bachelor's Degree Program in Building Engineering Education at Universitas Negeri Jakarta. This study examines competencies in three aspects: knowledge, skills, and attitude. The research employs a descriptive quantitative method. Data collection is conducted through the distribution of questionnaires to construction workers specializing in plumbing engineering. The data analysis technique uses descriptive quantitative analysis, where the collected data is analyzed using the mean formula, standard deviation, z-score, and percentage. The questionnaire results are analyzed using descriptive statistical techniques. Based on the analysis, out of 25 competency statements found in the lesson plan (RPS) and job sheets, most are categorized as "very important," with only three statements considered "important" because they are not part of the core plumbing competencies. Thus, topics in the lesson plan, such as Air Conditioning Systems, Building Transportation Systems, and Parking Systems, can be adjusted to align with the core competencies outlined in SKKNI No. 83 of 2015 and SKKNI No. 58 of 2024. Additionally, 15 statements regarding core plumbing competencies in SKKNI are classified as "very important." Overall, the curriculum has covered the relevant core competencies. Therefore, this course provides a strong theoretical and practical foundation, supporting students' readiness to meet the demands of the plumbing construction industry. Keywords: Competency, Plumbing Theory and Practice Course, SKKNI
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). R. Eka Murtinugraha, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 27527 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:12 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55342 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |