Reza Dino Mahardika, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL ARMOD (AUGMENTED REALITY MOLECULAR DOCKING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS DAN LITERASI DIGITAL BIOINFORMATIKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
File Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir analitis dan literasi digital menjadi dua keterampilan yang sangat dibutuhkan pada era industri 4.0 dan pembelajaran abad 21. Peningkatan dua keterampilan tersebut dapat dilakukan pada pembelajaran bioinformatika yang menganalisis data biologi molekuler dalam jumlah besar yang tersimpan di database digital. Penelitian dan pengembangan bahan ajar inovatif dibutuhkan untuk memfasilitasi pembelajaran bioinformatika. Pengembangan bahan ajar E-Modul ARMOD yang dilengkapi dengan augmented reality dan fitur-fitur inovatif diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir analitis dan literasi digital bioinformatika. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan Model ADDIE untuk mengembangkan E-Modul ARMOD. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak dengan rata-rata skor 0,91 dengan kriteria sangat tinggi. Produk yang dikembangkan menampilkan teknologi augmented reality dan fitur-fitur inovatif dengan mengoptimalkan prinsip multimedia dalam dunia pendidikan sehingga dapat secara komprehensif memvisualisasikan materi bioinformatika dan aplikasinya dalam desain obat baru secara in silico melalui metode molecular docking. Penerapan produk dalam pembelajaran molecular docking yang menjadi salah satu topik bioinformatika terbukti dapat meningkatkan berpikir analitis dan literasi digital. Hasil uji one-way MANOVA sebesar 0,02 < α dan menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Implementasi E-Modul ARMOD sebagai bahan ajar dapat meningkatkan keterampilan berpikir analitis dan literasi digital bioinformatika.**** Improving these two skills can be done in bioinformatics learning which analyses large amounts of molecular biology data stored in digital databases. Research and development of innovative teaching materials is needed to facilitate bioinformatics learning. The development of E-Module ARMOD teaching materials equipped with augmented reality and innovative features is expected to improve analytical thinking skills and bioinformatics digital literacy. This research uses the Educational Design Research (EDR) method with the ADDIE Model to develop the ARMOD E-Module. The results of the development research showed that the developed product was feasible with an average score of 0.91 with very high criteria. The developed product features augmented reality technology and innovative features by optimising multimedia principles in education so that it can comprehensively visualise bioinformatics material and its application in the design of new drugs in silico through molecular docking methods. The application of the product in learning molecular docking topics can increase analytical thinking skills and digital literacy. The result of one-way MANOVA test was 0.02 < α and showed significant difference between experimental and control class. Implementation of E-Module ARMOD as teaching material can improve analytical thinking skills and digital literacy of bioinformatics.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hanum Isfaeni, M.Si. 2). Dr. Rusdi, M.Biomed. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Reza Dino Mahardika . |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |