SHANIA PUTRI APRIANI, . (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SIPROMAN (SISTEM REPRODUKSI MANUSIA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif diperlukan dalam keterampilan abad ke-21. Rendahnya keterampilan berpikir kritis menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada permasalahan yang konkrit dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif dapat menyebabkan peserta didik sulit untuk menemukan solusi inovatif pada permasalahan yang dihadapinya. Maka diperlukan upaya guru untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mempermudah proses pembelajaran yaitu salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Komik digital SIPROMAN sebagai alat bantu pengajaran visual untuk mengajarkan materi pembelajaran Biologi tentang Sistem Reproduksi Manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) yang mengacu pada adaptasi dari model Hannafin & Peck, (1988). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner analisis kebutuhan peserta didik dan wawancara dengan guru Biologi. Pembuatan komik digital SIPROMAN menggunakan aplikasi design Autodesk-SketchBook. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba produk kelompok kecil terdiri dari 12 peserta didik, kelompok besar terdiri dari 35 peserta didik dan guru Biologi. Rata-rata hasil uji validasi media diperoleh skor 85,00%. Rata-rata hasil uji validasi materi diperoleh skor 87,00% dengan keduanya berinterpretasi sangat valid. Uji efektivitas dilakukan dengan control group pre test-post test design menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test yang terdiri dari 8 soal keterampilan berpikir kritis dan 6 soal keterampilan berpikir kreatif. Uji MANOVA menunjukkan nilai Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root memberikan hasil yang serupa, yaitu nilai p <0,001 untuk semua kriteria jauh lebih kecil dari 0,05. Hasil ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan, artinya ada perbedaan yang nyata antara kelompok-kelompok yang dibandingkan. N-gain rata-rata keterampilan berpikir kritis (0,32), termasuk dalam kriteria sedang. N-gain rata-rata keterampilan berpikir kreatif (0,18), termasuk dalam kriteria rendah. Nilai N-gain berdasarkan interpretasi Hake (1998). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa intervensi yang diberikan menggunakan media pembelajaran komik digital SIPROMAN memberikan dampak yang berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif.*****Critical thinking skills and creative thinking skills are needed in 21st-century skills. Low critical thinking skills cause students to experience difficulties when faced with concrete problems in everyday life. Low creative thinking skills can make it difficult for students to find innovative solutions to their problems. Therefore, teachers need to make efforts to improve students' understanding and facilitate the learning process, one of which is by using learning media. SIPROMAN digital comics are a visual teaching aid to teach biology learning materials about the human reproductive system. The method used in this study is Educational Design Research (EDR) which refers to the adaptation of the Hannafin & Peck model, (1988). Data collection was carried out by distributing student needs analysis questionnaires and interviews with Biology teachers. The creation of SIPROMAN digital comics uses the Autodesk-SketchBook design application. Product validation is carried out by media experts and material experts. Small group product trials consisted of 12 students, and large groups consisted of 35 students and Biology teachers. The average result of the media validation test was a score of 85.00%. The average result of the material validation test obtained a score of 87.00% with both interpreted as very valid. The effectiveness test was conducted with a control group pre-test-post-test design using pre-test and post-test question instruments consisting of 8 critical thinking skills questions and 6 creative thinking skills questions. The MANOVA test showed that the Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, and Roy's Largest Root values gave similar results, namely p values <0.001 for all criteria much smaller than 0.05. These results indicate that overall there is a significant difference, meaning that there is a real difference between the groups being compared. The average N-gain of critical thinking skills (0.32), is included in the medium criteria. The average N-gain of creative thinking skills (0.18), is included in the low criteria. The N-gain value is based on Hake's interpretation (1998). Thus, it can be concluded that the intervention given using the SIPROMAN digital comic learning media has a different impact on critical and creative thinking skills.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Supriyatin, M.S. 2). Dr. Rusdi, M.Biomed. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Anatomi Manusia |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SHANIA PUTRI APRIANI . |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:55 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |