PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

ANISA MINATANI, . (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER (1).pdf

Download (277kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
4.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan gejet secara berlebihan membuat peserta ddik menjadi individualis dan hanya terpaku pada gadget. Hal ini menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains dan keterampilan kolaborasi. Rendahnya keterampilan proses sains menyebabkan peserta didik kurang mampu berpikir kritis dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Rendahnya keterampilan kolaborasi menyebabkan peserta didik bekerja sendirian dan tidak memanfaatkan potensi ide yang bisa diperoleh dari kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis STEM yang efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan kolaborasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Educational Design Reserch dengan menggunakan model Hannafin Peck, (1988). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner analisis kebutuhan peserta didik dan wawancara dengan guru. Pembuatan E-LKPD berbasis STEM menggunakan canva, dan flipbook. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba produk kelompok kecil 15 peserta didik, uji kelompok besar 35 peserta didik dan pendidik. Uji efektivitas dilakukan dengan control group pre test-post test design menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test yang terdiri dari 8 soal keterampilan berpikir kritis dan 6 soal keterampilan berpikir kreatif. Uji MANOVA menunjukkan nilai Pillai's Trace memberikan hasil yang serupa, yaitu nilai p (< 0.001) untuk semua kriteria jauh lebih kecil dari 0.05. Hasil ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan ada perbedaan yang nyata antara kelompok-kelompok yang dibandingkan. N-gain rata-rata keterampilan proses sains (71,5), kriteria cukup efektif. N-gain rata-rata keterampilan kolaborasi (49,48), kriteria kurang efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang diberikan menggunakan media pembelajaran E-LKPD berbasis STEM memberikan dampak yang berbeda terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Supriyatin, M.S 2). Dr. Rusdi,M.Biomed
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Anisa Minatani .
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:29
Last Modified: 13 Mar 2025 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55584

Actions (login required)

View Item View Item