Fatatul Habibah, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI TERMOKIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning terintegrasi augmented reality pada materi termokimia. Mobile learning merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan perangkat mobile salah satunya yaitu smartphone. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen digital atau virtual secara real-time. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 36 Jakarta pada bulan Januari – September 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembanagn model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, serta validasi, evaluasi dan revisi produk. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi mobile learning yang diterapkan pada topik kimia ”termokimia”. Presentase nilai rata-rata yang didapat dari hasil uji validasi kelayakan media sebesar 90,8% yang menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori ”sangat baik”. Hasil uji validasi kelayakan materi dan bahasa memperoleh nilai rata-rata 84,0% yang termasuk dalam kategori ”baik”. Uji coba media dalam skala kecil pada siswa menghasilkan presentase sebesar 93,7% dan dalam skala besar mencapai 95,5% yang keduanya masuk dalam kategori ”sangat baik”. Hasil uji coba skala kecil pada guru kimia menghasilkan presentase sebesar 94,0% dan dalam skala besar sebesar 92,9% yang menunjukkan bahwa media ini dinilai ”sangat baik” digunakan dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan media mobile learning terintegrasi augmented reality yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia. ***** This research aims to develop mobile learning integrated with augmented reality in thermochemistry material. Mobile learning is a learning media that uses mobile devices, one of which is a smartphones. Augmented reality is a technology that combines the real world with digital or virtual elements in real time. This research was conducted at SMA Negeri 36 Jakarta in January - September 2024. The research method used is the Borg & Gall model development research which is based on three stages of analysis, namely preliminary research, product planning and development, and validation, evaluation and product revision. The percentage of the average value obtained from the results of the media feasibility validation tests is 90.8%, which indicates that the media are in the “very good” category. The result of the material and language feasibility validation test results is 84.0%, in the “good” category. The results of small scale media trials on students gave a percentage of 93.7% and large scale trials gave a percentage of 95.5%, both in the “very good” category. The results of small-scale trials with chemistry teachers were 94.0% and 92.9% for large-scale trials, indicating that these media were considered to be “very good” for use in the learning process. Overall, the developed mobile learning integrated with augmented reality has very good criteria and is suitable for use in the chemistry learning process.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. 2). Irwan Saputra, M.Si., Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Kimia Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fatatul Habibah . |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:53 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 02:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |