PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI ASAM BASA

MAULANI DWI CAHYANI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning terintegrasi dengan augmented reality pada materi asam basa sebagai media pembelajaran untuk peserta didik sekolah menengah atas. Mobile learning adalah sarana pengajaran yang menggunakan teknologi smartphone. Augmented reality adalah teknologi informasi yang mengintegrasikan objek virtual ke dalam lingkungan ruang tiga dimensi dan kemudian memperlihatkan objek virtual tersebut secara nyata. Augmented reality menarik perhatian dalam dunia pendidikan karena dapat mempermudah proses belajar, khususnya dalam mata pelajaran kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 36 Jakarta pada bulan Juli 2024 hingga Oktober 2024. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan, serta uji validasi dan uji coba produk. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi mobile learning yang bernama “Asam Basa”. Persentase nilai rata rata yang didapat sebesar 81,9% oleh ahli media dan 81,5% oleh ahli materi dan bahasa. Uji coba skala kecil menghasilkan persentase nilai rata-rata sebesar 93,9% oleh peserta didik dan sebesar 92,9% oleh guru kimia. Uji coba skala besar menghasilkan persentase nilai rata-rata sebesar 92,2% oleh peserta didik dan 90,8% oleh guru kimia. Secara keseluruhan media mobile learning terintegrasi augmented reality yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.***** This research aims to develop mobile learning integrated with augmented reality on acid base material as a learning media for high school students. Mobile learning is a teaching tool that uses smartphone technology. Augmented reality is an information technology that integrates virtual objects into a three-dimensional spatial environment and then displays the virtual objects in real time. Augmented reality is attracting attention in the world of education because it can facilitate the learning process, especially in chemistry subjects. This research was conducted at SMAN 36 Jakarta from July 2024 to October 2024. The research used is the Borg & Gall model research and development, which was modified into three stages, namely needs analysis, planning and development, and product validation and trial testing. The resulting product is a mobile learning application called "Asam Basa". The average score percentage was 81.9% for media experts and 81.5% for material and language experts. Small-scale trials yielded an average score percentage of 93.9% for students and 92.9% for chemistry teachers. Large-scale trials produced an average score percentage of 92.2% for students and 90.8% for chemistry teachers. Overall, the developed mobile learning integrated augmented reality media has very good criteria and suitable for use as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. ; 2) Irwan Saputra, M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulani Dwi Cahyani .
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:22
Last Modified: 14 Mar 2025 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55630

Actions (login required)

View Item View Item