DINDA KAMILA CHAIDIR, . (2024) INFUSING MEDIA LITERACY AND CRITICAL THINKING SKILLS IN DESIGNING ENGLISH SPEAKING LEARNING MATERIALS FOR ELEVENTH GRADERS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi media dan kemampuan berpikir kritis dibutuhkan siswa untuk menghadapi perkembangan media dan teknologi yang pesat menyebabkan informasi yang tersebar secara cepat dan luas. Kemampuan-kemampuan tersebut membentuk pandangan siswa terhadap lingkungannya siswa melalui proses mengonsumsi, mengevaluasi, mendistribusi, dan membuat konten media secara bijak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar untuk kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang dimasukkan dengan literasi media dan kemampuan berpikir kritis. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengacu pada desain DDR melalui langkah ADDE yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Data penelitian ini berupa kata atau frasa terkait literasi media dan kemampuan berpikir kritis materi ajar kemahiran berbicara Bahasa Inggris untuk kelas sebelas yang ada, hasil wawancara dari guru Bahasa Inggris kelas sebelas, teori dan deskriptor yang berkaitan dengan produk dari buku dan artikel penelitian, hasil analisis tentang literasi media dan kemampuan berpikir kritis dari materi ajar yang ada dan desain desain awal produk, serta penilaian dan saran dari ahli pedagogik dan ahli kemahiran berbicara. Data tersebut diperoleh dari bahan-bahan ajar kemampuan berbicara Bahasa Inggris untuk kelas sebelas yang tersedia, guru-guru Bahasa Inggris kelas XI, buku-buku dan artikel-artikel penelitian, desain awal dari bahan ajar, dan ahli-ahli. Penelitian ini mengungkap bahwa terdapat kebutuhan akan bahan ajar kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang terinfusi kemampuan literasi media dan kemampuan berpikir kritis. Studi ini menginfusikan kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui meringkas informasi dari literatur relevan, mengkaji informasi dari literatur terkait untuk merancang prototipe produk, mengembangkan naskah dan menuangkannya ke dalam wujud prototipe produk, dan mengevaluasi prototipe berdasarkan penilaian para ahli. Kemudian, penilaian para ahli menujukkan bahwa prototipe produk dianggap valid, kecuali satu item tentang kebisaan bahan ajar untuk mendorong peserta didik kelas XI untuk melakukan sesuatu terkait posisi sosial mereka di kelas. **** Media literacy and critical thinking skills are beneficial for students to encounter the rapid development of media and technology, causing a swift and vast dissemination of information. Those skills shape students’ world view through the processes of media consumption, evaluation, distribution, and production wisely. Thus, this study aims to design media literacy and critical thinking-infused English speaking learning materials for eleventh graders. To achieve the objective, this study followed DDR design through ADDE stages which stands for Analysis, Design, Development, and Evaluation. The data of this study comprise the words or phrases related to media literacy and critical thinking from the existing English speaking learning materials for eleventh graders, interview results from English language teachers of eleventh graders, theories and descriptors that are related to the end-product obtained from books and research articles, analysis results of media literacy and critical thinking skills from existing learning materials and initial design of the product, as well as judgments and suggestions from experts of pedagogy and speaking skills. The data were sourced from existing English speaking learning materials for eleventh graders, English teachers of eleventh graders, book and research articles, the initial design of the learning materials, and experts. This study uncovers that there is a need for media literacy and critical thinking skills-infused English speaking materials. This research infuses the needs by summarizing relevant information from relevant works of literature, scrutinizing the relevant information from relevant works of literature to design a product prototype, developing a script and utilizing it in the form of a product prototype, and evaluating the prototype based on the experts’ judgments. Then, judgements from experts also indicated that the prototype product is valid except in an item about the materials’ ability to develop students’ self-determination about social status in school.
| Item Type: | Thesis (Magister) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
| Divisions: | FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Users 27245 not found. |
| Date Deposited: | 08 Apr 2025 01:47 |
| Last Modified: | 08 Apr 2025 01:47 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
