PENILAIAN E-MODUL PENGAYAAN BUSANA TRADISIONAL INDONESIA

Ningrum, Rizka Oktavia Cahyo and Wesnina, Wesnina and Sesnawati, Yeni (2022) PENILAIAN E-MODUL PENGAYAAN BUSANA TRADISIONAL INDONESIA. PENILAIAN E-MODUL PENGAYAAN BUSANA TRADISIONAL INDONESIA, 2 (1). pp. 13-21.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pftj/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menilai bahan ajar berupa e-modul pengayaan busana tradisional bungkus Indonesia. Penilaian dilakukan oleh 2 panelis Ahli Materi dan 2 Ahli Media dengan bidang terkait, dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimental desain one-shot case study, teknik analisis data Kuantitatif Deskriptif. Menggunakan variabel tunggal yaitu variabel e-modul pengayaan busana tradisional bungkus Indonesia. E-modul ditinjau dari delapan aspek sebagai indikator yaitu dari penilaian ahli materi: aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan; dan penilaian ahli media: pembelajaran sendiri (self intructional), satu kesatuan (self contained), berdiri sendiri (stand alone), menyesuaikan diri (adaptive), dan bersahabat/akrab (user friendly). Menggunakan instrumen kuesioner/angket tertutup-terbuka (campuran) dengan penilaian panelis ahli sebagai data pendukung dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian berdasarkan angket penilaian oleh ahli materi didapatkan presentase sebesar 95,98%, sedangkan oleh ahli media didapatkan presentase sebesar 85%. Seacara keseluruhan dari kedelapan aspek penilaian, e-modul pengayaan busana tradisional bungkus Indonesia memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,4% dari hasil yang diharapkan (100%) dan berada pada kategori Sangat Baik (SB). Hal ini menunjukan bahwa e-modul dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan dari keempat panelis ahli.

Item Type: Article
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:41
Last Modified: 17 Apr 2025 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55980

Actions (login required)

View Item View Item