PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HURUF MAGNETIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK AUTISME (SINGLE SUBJECT RESEARCH DI SLB C ASIH BUDI 2 KELAS II)

HANIFAH RAMADHANTY, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HURUF MAGNETIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK AUTISME (SINGLE SUBJECT RESEARCH DI SLB C ASIH BUDI 2 KELAS II). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media huruf magnetik terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik autisme kelas II di SLB C Asih Budi 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada peserta didik autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media huruf magnetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik autisme. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh peserta didik pada tahap baseline A1 yaitu A1 dalam 5 sesi yaitu skor 10 dari skor maksimal 50 untuk menyebutkan dan menunjukkan huruf vokal. Sedangkan, tahap baseline A2 memperoleh skor 30 dari skor maksimal 50 dalam 5 sesi untuk menyebutkan dan menunjukkan huruf vokal. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan media huruf magnetik memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik autisme. This study is purpose to find out the effect of the use of magnetic letter media to improve early reading skills. The subject of this study was autism student grade II at Asih Budi 2 Special Needs School. The method in this study used the single subject research (SSR) with A-B-A design. Data collection was performed to demonstrate the ability of student with autism either before being given an intervention, during given intervention, and after given an intervention. Analysis of the data in this study used an analysis of conditions. The result showed that the use of magnetic letters media can improve the autism student’s ability on early reading skills. This was seen by approval of Baseline A1 got 5 score in 5 sessions, it was 10 score from maximum 50 score for pronounced and showed vowel letters. Whereas, in Baseline A2 got 30 score from maximum 50 score in 5 sessions to pronounced and showed vowel letters. So it can be said that the using of the magnetic letters media has an influence to improve the ability of early reading skills in autism student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lalan Erlani, M.Ed. ; 2). Mohammad Arif Taboer, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 521 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 16:42
Last Modified: 20 Mar 2020 16:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item