MUHAMMAD HAFFID SAPUTRA, . (2020) PENGARUH PEMASANGAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) TERHADAP DAYA, TORSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK MESIN SEPEDA MOTOR 125 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hydrocarbon Crack System (HCS) adalah sistem memecah atom hydrocarbon menjadi atom hidrogen (H2) dan karbon (C) dengan media pipa katalis yang dipanaskan untuk menyuplai proses pembakaran pada mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan HCS terhadap performa kendaraan, khususnya daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan oleh sepeda motor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dua bahan bakar yang berbeda yaitu oktan 88 dan oktan 92, masing-masing bahan bakar diuji secara bergantian melalui sepeda motor yang dihubungkan pada dinamometer sasis. Proses pengujian dilakukan dari putaran mesin 3000 rpm sampai 8000 rpm. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik dari sepeda motor. Hasil dari penelitian adalah pemasangan HCS dapat meningkatkan torsi pada penggunaan bahan bakar oktan 88 dan oktan 92, kemudian pemasangan HCS dapat meningkatkan daya pada penggunaan bahan bakar oktan 92, tetapi mengalami penurunan pada bahan bakar oktan 88, selanjutnya pemasangan HCS dapat menurunkan pemakaian bahan bakar spesifik untuk semua bahan bakar. Kata kunci : Hydrocarbon Crack System, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik, Sepeda Motor. THE INFLUENCE OF HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) INSTALLATION OF POWER, TORQUE AND SPECIFIC FUEL CONSUMPTION OF 125 CC MOTORCYCLE MACHINE MUHAMMAD HAFFID SAPUTRA Mechanical Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering State University of Jakarta Hydrocarbon Crack System (HCS) is a system of splitting hydrocarbon atoms into hydrogen (H2) and carbon (C) atoms with a catalyst pipeline that is heated to supply the combustion process to the engine. This study aims to determine how much influence the use of HCS on vehicle performance, specifically power, torque and specific fuel consumption produced by motorcycles. The method used is an experimental method. Two different fuels namely octane 88 and octane 92, each fuel is tested alternately through a motorcycle connected to the chassis dynamometer. The testing process is carried out from engine speed 3000 rpm to 8000 rpm. This is done to get power, torque and specific fuel consumption data from the motorcycle. The results of the study are the installation of HCS can increase torque on the use of octane 88 and octane 92, then the installation of HCS can increase power on the use of octane 92 fuel, but have a decrease in octane fuel 88, then the installation of HCS can reduce the use of specific fuels for all fuels. Keywords: Hydrocarbon Crack System, Power, Torque, Specific Fuel Consumption, Motorcycle.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka ; 2). Ragil Sukarno, S.T., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 2061 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 11:53 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 11:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5629 |
Actions (login required)
View Item |