KENDRY, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PROYEK KREATIF KEWIRAUSAHAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 1.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 2.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 5.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text
PDF BIBLIOGRAFY.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Proyek Kreatif Kewirausahaan (PKK) untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Modul ini dirancang dengan pendekatan interaktif dan kontekstual yang mengintegrasikan elemen multimedia, seperti video, simulasi, dan kuis interaktif, guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang sistematis untuk menghasilkan produk yang efektif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa melalui pelaksanaan proyek nyata, seperti perencanaan produksi, pembuatan prototipe, hingga pemasaran produk. Uji coba modul yang dilakukan di SMK Negeri 48 Jakarta memperlihatkan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK. Modul ini tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran yang inovatif, tetapi juga memberikan panduan yang komprehensif bagi guru dalam mengimplementasikan PjBL secara efektif di kelas. Penggunaan modul ini diharapkan dapat menjadi solusi atas rendahnya minat siswa terhadap kewirausahaan sekaligus membantu mengurangi angka pengangguran dengan membekali siswa dengan keterampilan kewirausahaan yang relevan dengan kebutuhan industri. Temuan ini juga berkontribusi pada pengembangan teori pembelajaran berbasis proyek dan media pembelajaran interaktif di pendidikan kejuruan. ***** This research aims to develop an interactive learning module based on Project-Based Learning (PjBL) in the subject of Creative Project Entrepreneurship (PKK) to improve students' entrepreneurship skills in Vocational High Schools . The module is designed with an interactive and contextual approach that integrates multimedia elements, such as videos, simulations, and interactive quizzes, to increase student engagement in the learning process. The research used the systematic ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model to produce an effective product. The development results show that this module is able to improve students' critical thinking skills, collaboration, and creativity through the implementation of real projects, such as production planning, prototyping, and product marketing. The module trial conducted at SMK Negeri 48 Jakarta showed its effectiveness in increasing students' learning motivation and learning outcomes in PKK subjects. This module not only serves as an innovative learning media, but also provides comprehensive guidance for teachers in implementing PjBL effectively in the classroom. The use of this module is expected to be a solution to students' low interest in entrepreneurship while helping to reduce unemployment by equipping students with entrepreneurial skills that are relevant to industry needs. The findings also contribute to the development of project-based learning theory and interactive learning media in vocational education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Rizka Zakiah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Kendry . |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |