PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER NASIONALISME ANAK PADA KELUARGA BURUH MIGRAN SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

DimasTeguh Prasetyo, . (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER NASIONALISME ANAK PADA KELUARGA BURUH MIGRAN SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Artikel Dimas Teguh Prastyo 5545123056.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Skripsi Dimas Teguh Prastyo 5545123056.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan karakter nasionalisme dalam keluarga terhadap karakter nasionalisme anak pada keluarga buruh migran sektor perkebunan kelapa sawit, terhitung dari bulan Agustus 2015 - Januari 2016. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4,5 dan 6 CLC (Community Learning Center) atau PKBM Saremas di Saremas Estate, PPB Oil Palms Sendirian Berhad, Bintulu, Serawak, Malaysia. Sampel penelitian berjumlah 30 responden. Diketahui data penelitian berupa data ordinal maka uji analisis data menggunakan pengukuran non-parametrik yakni uji Spearman Rank. Koefisien korelasi Spearman Rank menghasilkan rs = 0,502. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat pengaruh yang positif pendidikan karakter nasionalisme dalam keluarga terhadap karakter nasionalisme anak. Koefisien determinasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 25,50% yang menunjukkan bahwa besarnya karakter nasionalisme anak yang dipengaruhi oleh pendidikan karakter nasionalisme dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tarma,M.Pd, ; 2). Vera Utami Gede Putri, S.Pd, M.Ds
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 24 Oct 2019 15:41
Last Modified: 24 Oct 2019 15:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item